PENERAPAN PENDEKATAN PEMBELAJARAN MATEMATIKA REALISTIK UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIKA SISWA DI KELAS VIII SMP SWASTA KATOLIK BUDI MURNI-2 MEDAN

Sidabalok, Adrina Mona H. (2014) PENERAPAN PENDEKATAN PEMBELAJARAN MATEMATIKA REALISTIK UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIKA SISWA DI KELAS VIII SMP SWASTA KATOLIK BUDI MURNI-2 MEDAN. Undergraduate thesis, UNIMED.

[img]
Preview
Text
409111005 COVER.pdf - Published Version

Download (56kB) | Preview
[img]
Preview
Text
409111005 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version

Download (290kB) | Preview
[img]
Preview
Text
409111005 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version

Download (224kB) | Preview
[img]
Preview
Text
409111005 ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (133kB) | Preview
[img]
Preview
Text
409111005 DAFTAR ISI.pdf - Published Version

Download (104kB) | Preview
[img]
Preview
Text
409111005 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version

Download (53kB) | Preview
[img]
Preview
Text
409111005 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version

Download (52kB) | Preview
[img]
Preview
Text
409111005 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version

Download (55kB) | Preview
[img]
Preview
Text
409111005 BAB I.pdf - Published Version

Download (517kB) | Preview
[img]
Preview
Text
409111005 BAB V.pdf - Published Version

Download (219kB) | Preview
[img]
Preview
Text
409111005 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (213kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatan kemampuan pemecahan masalah matematika siswa kelas VIII-A SMP Swasta Katolik Budi Murni-2 Medan melalui penerapan pendekatan pembelajaran matematika realistik pada materi sistem persamaan linear dua variabel (SPLDV).Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK) yang dilaksanakan dalam 2 siklus yang masing-masing dilaksanakan dalam 2 kali pertemuan. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII-A SMP Swasta Katolik Budi Murni-2 Medan berjumlah 48 orang. Objek dalam penelitian ini adalah kemampuan pemecahan masalah matematika siswa dengan menerapkan pendekatan pembelajaran matematika realistik (PMR). Data penelitian diperoleh dari hasil observasi pelaksanaan pembelajaran dan tes kemampuan pemecahan masalah.Berdasarkan hasil tes diagnostik diketahui tingkat kemampuan pemecahan masalah matematika siswa berkategori sangat rendah dengan skor rata-rata 28,25 yang dilihat dari total skor siswa tiap indikator per jumlah siswa. Setelah pemberian tindakan pada siklus I, tingkat kemampuan pemecahan masalah matematika siswa berkategori rendah dengan skor rata-rata 54,35 dimana jumlah siswa yang telah mencapai ketuntasan belajar sebanyak 27 siswa atau 56,25% dari keseluruhan siswa. Selanjutnya, setelah pelaksanaan tindakan pada siklus II, tingkat kemampuan pemecahan masalah matematika siswa berkategori tinggi dengan skor rata-rata 69,02 dimana jumlah siswa yang telah mencapai ketuntasan belajar sebanyak 43 siswa atau 89,58% dari keseluruhan siswa. Dengan demikian dapat dikatakan kelas tersebut telah terdapat 89,58% siswa yang telah tuntas memecahkan masalah. Berdasarkan hasil penelitian tersebut dapat disimpulkan bahwa pendekatan Pembelajaran Matematika Realistik (PMR) dapat meningkatkan kemampuan pemecahan masalah matematika siswa di kelas VIII-A SMP Swasta Katolik Budi Murni-2 Medan, sehingga pendekatan PMR dapat dijadikan salah satu alternatif pembelajaran.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Contributors:
ContributionNameNIP
Thesis advisorMukhtar, 195908071983031033
Call Number: 512.707 1 Sid p
Keywords: Matematika; Pembelajaran Matematika; Masalah Dalam Matematika; Aktivitas Belajar; Matematika Realistik
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Q Science > QA Mathematics
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Matematika
Depositing User: Mrs Elita Sari Sitorus
Date Deposited: 08 Apr 2016 08:34
URI: http://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/10956

Actions (login required)

View Item View Item