PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF MAKE A MATCH TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA SMA PADA MATA PELAJARAN KIMIA POKOK BAHASAN STRUKTUR ATOM

Rambe, Siska Wulan Sari (2014) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF MAKE A MATCH TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA SMA PADA MATA PELAJARAN KIMIA POKOK BAHASAN STRUKTUR ATOM. Undergraduate thesis, UNIMED.

[img]
Preview
Text
408331050 COVER.pdf - Published Version

Download (94kB) | Preview
[img]
Preview
Text
408331050 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version

Download (37kB) | Preview
[img]
Preview
Text
408331050 ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (128kB) | Preview
[img]
Preview
Text
408331050 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version

Download (273kB) | Preview
[img]
Preview
Text
408331050 DAFTAR ISI.pdf - Published Version

Download (129kB) | Preview
[img]
Preview
Text
408331050 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version

Download (123kB) | Preview
[img]
Preview
Text
408331050 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version

Download (123kB) | Preview
[img]
Preview
Text
408331050 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version

Download (127kB) | Preview
[img]
Preview
Text
408331050 BAB I.pdf - Published Version

Download (174kB) | Preview
[img]
Preview
Text
408331050 BAB V.pdf - Published Version

Download (189kB) | Preview
[img]
Preview
Text
408331050 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (183kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hasil belajar siswa melalui penerapan model pembelajaran kooperatif Make A Match pada siswa SMA kelas X semester I pada pokok bahasan Struktur Atom berdasarkan KTSP 2006. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa SMA kelas X dengan kurikulum KTSP 2006; sampel yang diteliti adalah siswa MA Al-Falah Simpang Kanan kelas X. Siswa tersebut terdiri dari 3 kelas yang seluruhnya berjumlah 120 siswa. Sampel penelitian diambil 80 siswa secara random dan dikelompokkan ke dalam 2 kelas, yang masing-masing terdiri dari 40 siswa. Salah satu dari kedua kelas ini digunakan sebagai kelas perlakuan (penerapan model pembelajaran Make A Match) dan kelas lainnya sebagai kelas kontrol. Instrumen yang digunakan untuk mengukur hasil belajar siswa adalah tes tertulis berbentuk pilihan berganda. Item-item tes tersebut telah teruji validitas, realibilitas, daya pembeda, dan tingkat kesukaran. Dari analisis data hasil penelitian diperoleh nilai rata-rata pretes kelas perlakuan adalah 62,79 dan nilai rata-rata pretes kelas kontrol adalah 59,88. Berdasarkan uji statistik t pada tingkat signifikansi 0,05 dapat dinyatakan bahwa nilai rata-rata pretes kelas perlakuan lebih tinggi daripada kelas kontrol. Sedangkan nilai rata-rata post tes kelas perlakuan sebesar 82,49 dan nilai rata-rata post tes kelas kontrol sebesar 72,99. Dengan uji statistik yang sama dapat dinyatakan bahwa nilai rata-rata post tes kelas perlakuan lebih tinggi secara signifikan. Dengan demikian dapat dinyatakan bahwa hasil belajar siswa yang diajar dengan model pembelajaran kooperatif Make A Match lebih tinggi dibanding dengan pembelajaran konvensional.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Contributors:
ContributionNameNIP
Thesis advisorSilalahi, Albinus195303201980121001
Call Number: 541.240 71 Ram p
Keywords: Hasil Belajar Siswa; Strategis Belajar Mengajar; Model Pembelajaran Kooperatif; Make A Match (MAM); Struktur Atom
Subjects: Q Science > QD Chemistry
Q Science > QD Chemistry > QD625 Radiation chemistry
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Kimia
Depositing User: Mrs Elsya Fitri Utami
Date Deposited: 08 Apr 2016 08:34
URI: http://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/10948

Actions (login required)

View Item View Item