PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE JIGSAW TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI POKOK ALAT OPTIK DI KELAS VIII SEMESTER II SMP NEGERI 5 BINJAI MEDAN T.P. 2012/2013

Amelia, (2013) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE JIGSAW TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI POKOK ALAT OPTIK DI KELAS VIII SEMESTER II SMP NEGERI 5 BINJAI MEDAN T.P. 2012/2013. Undergraduate thesis, UNIMED.

[img]
Preview
Text
409121005 COVER.pdf - Published Version

Download (54kB) | Preview
[img]
Preview
Text
409121005 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version

Download (154kB) | Preview
[img]
Preview
Text
409121005 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version

Download (89kB) | Preview
[img]
Preview
Text
409121005 ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (74kB) | Preview
[img]
Preview
Text
409121005 DAFTAR ISI.pdf - Published Version

Download (89kB) | Preview
[img]
Preview
Text
409121005 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version

Download (47kB) | Preview
[img]
Preview
Text
409121005 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version

Download (68kB) | Preview
[img]
Preview
Text
409121005 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version

Download (48kB) | Preview
[img]
Preview
Text
409121005 BAB I.pdf - Published Version

Download (235kB) | Preview
[img]
Preview
Text
409121005 BAB V.pdf - Published Version

Download (66kB) | Preview
[img]
Preview
Text
409121005 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (67kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hasil belajar siswa dan bagaimana aktivitas siswa selama menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Jigsaw pada materi pokok Alat Optik di kelas VIII Semester II SMP Negeri 5 Binjai Tahun Pelajaran 2012/2013. Jenis penelitian ini adalah penelitian quasi eksperimen dengan menggunakan design Two group pretes-postes design dengan populasi seluruh siswa kelas VIII semester II SMP Negeri 5 Binjai yang terdiri dari 6 kelas dengan sampel penelitian diambil 2 kelas yang ditentukan dengan teknik random sampling, yaitu kelas VIII-1 sebagai kelas eksperimen dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Jigsaw dengan jumlah siswa 34 orang dan kelas VIII-2 sebagai kelas kontrol dengan menggunakan model pembelajaran konvensional dengan jumlah siswa 34 orang. Instrumen yang digunakan adalah tes hasil belajar siswa dalam bentuk pilihan berganda sebanyak 20 soal dengan 4 pilihan jawaban yang telah divalidasi.Berdasarkan analisa data diperoleh skor rata-rata pretes kelas eksperimen dan kelas kontrol yang cenderung sama sedangkan skor rata-rata postes kelas ekspermen lebih tinggi dibandingkan dengan kelas kontrol. Pada waktu pembelajaran kooperatif tipe Jigsaw berlangsung dilakukan pengamatan terhadap aktivitas siswa dimana hasilnya dikategorikan aktif sejalan dengan peningkatan hasil belajar siswa. Dari hasil analisa data pada uji normalitas pada kedua kelas terhadap hasil pretes dan postes diketahui bahwa data berdistribusi normal. Selanjutnya dilakukan uji homogenitas pada kedua kelas diketahui bahwa kedua kelas sampel berasal dari kelompok yang homogen. Untuk menguji hipotesis dengan menggunakan uji t satu pihak diperoleh thitung > ttabel pada taraf signifikan α = 0,05; sehingga dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe Jigsaw terhadap hasil belajar siswa pada materi pokok alat optik di kelas VIII semester II SMP Negeri 5 Binjai T.P 2012/2013.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Contributors:
ContributionNameNIP
Thesis advisorSinulingga, Karya196012251987031005
Call Number: 535.330 712 Ame p
Keywords: Hasil Belajar; Aktivitas Belajar; Pembelajaran Kooperatif; Pembelajaran Konvensional; Kooperatif Tipe Jigsaw
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology > BF501 Motivation
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Q Science > QC Physics
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Fisika
Depositing User: Mrs Fitri Sry Juliati Sinaga
Date Deposited: 08 Apr 2016 08:34
URI: http://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/10903

Actions (login required)

View Item View Item