PENGARUH PEMBELAJARAN GROUP INVESTIGATION TERHADAP KEMAMPUAN PENALARAN DAN KOMUNIKASI MATEMATIKA SISWA KELAS X SMA NEGERI 5 BINJAI T.A. 2013/2014

Lestari, Dian (2013) PENGARUH PEMBELAJARAN GROUP INVESTIGATION TERHADAP KEMAMPUAN PENALARAN DAN KOMUNIKASI MATEMATIKA SISWA KELAS X SMA NEGERI 5 BINJAI T.A. 2013/2014. Undergraduate thesis, UNIMED.

[img]
Preview
Text
408311010 COVER.pdf - Published Version

Download (72kB) | Preview
[img]
Preview
Text
408311010 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version

Download (158kB) | Preview
[img]
Preview
Text
408311010 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version

Download (110kB) | Preview
[img]
Preview
Text
408311010 ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (91kB) | Preview
[img]
Preview
Text
408311010 DAFTAR ISI.pdf - Published Version

Download (90kB) | Preview
[img]
Preview
Text
408311010 .DAFTAR TABEL.pdf - Published Version

Download (35kB) | Preview
[img]
Preview
Text
408311010 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version

Download (32kB) | Preview
[img]
Preview
Text
408311010 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version

Download (104kB) | Preview
[img]
Preview
Text
408311010 .BAB I.pdf - Published Version

Download (244kB) | Preview
[img]
Preview
Text
408311010 BAB V.pdf - Published Version

Download (76kB) | Preview
[img]
Preview
Text
408311010 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (123kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen. Penelitian ini bertujuanuntuk mengetahui apakah hasil belajar pembelajaran Group Investigation terhadap kemampuan penalaran dan komunikasi matematika yang lebih tinggidibandingkan dengan menggunakan model pembelajaran konventional di kelas XSMAN 5 Binjai T.A. 2013/2014 dan untuk mengetahui berapa besar pengaruhpembelajaran Group Investigation terhadap kemampuan penalaran dankomunikasi matematika siswa di kelas X SMAN 5 Binjai T.A. 2013/ 2014.Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X MAN 3 Medantahun ajaran 2013/ 2014 yang terdiri dari 8 kelas yang berjumlah 304 orang siswa. Sedangkan yang menjadi sampel dalam penelitian ini ada dua kelas, yaitu kelas X-1 sebanyak 38 orang dan kelas X-2 sebanyak 38 orang. Untuk memperoleh data yang diperlukan dalam penelitian ini digunakan test essay yaitu untuk melihat hasil belajar siswa.Dari analisa data postest dengan menggunakan uji-t pada taraf  = 0,05diperoleh kemampuan penalaran thitung > ttabel yaitu 10,3223 > 1,667, maka H0ditolak dan Ha diterima. Dan diperoleh kemampuan komunikasi thitung > ttabelyaitu 14,125 > 1,667, maka H0 ditolak dan Ha diterima. diperoleh thitung > ttabel yaitu 1,8777 > 1,6687 sehingga H0 ditolak dan Ha diterima. Maka dapatdisimpulkan bahwa hasil belajar siswa yang diajar dengan menggunakan modelpembelajaran Group Investigation lebih tinggi dibandingkan dengan hasil belajarsiswa yang diajar dengan menggunakan model pembelajaran konvensional dikelas X SMAN 5 Binjai T.A. 2013/ 2014. Begitu juga dengan besar pengaruhpembelajaran Group Investigation terhadap kemampuan penalaran yaitu 10,24% sedangkan pengaruh pembelajaran konvensional terhadap kemampuan penalaran 5,29%, dan besar pengaruh pembelajaran Group Investigation terhadap kemampuan komunikasi yaitu 13,69% sedangkan pengaruh pembelajarankonvensional terhadap kemampuan komunikasi 7,84% sehingga disimpulkanbahwa besar pengaruh pembelajaran Group Investigation terhadap penalaran dankomunikasi matematika yaitu 23,93% lebih tinggi dibandingkan dengan besarpengaruh pembelajaran konvensional terhadap penalaran dan komunikasimatematika yaitu ,13,13% di kelas X SMAN 5 Binjai T.A. 2013/ 2014.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Contributors:
ContributionNameNIP
Thesis advisorAsmin, 195708041985031002
Call Number: 512.740 71 Les p
Keywords: Kemampuan Penalaran; Komunikasi; Kemampuan Komunikasi Matematika; Tipe Group Investigation; Materi Fungsi Kuadrat
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology > BF501 Motivation
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Q Science > QA Mathematics
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Matematika
Depositing User: Mrs Fitri Sry Juliati Sinaga
Date Deposited: 08 Apr 2016 08:34
URI: http://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/10898

Actions (login required)

View Item View Item