PERBEDAAN HASIL BELAJAR SISWA MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN LEARNING CYCLE DENGAN KONVENSIONAL PADA MATERI POKOK LISTRIK DINAMIS DI KELAS X SEMESTER II SMA NEGERI 1 PERCUT SEI TUAN T.A. 2012/2013

Parhusip, Anton Jahuda (2013) PERBEDAAN HASIL BELAJAR SISWA MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN LEARNING CYCLE DENGAN KONVENSIONAL PADA MATERI POKOK LISTRIK DINAMIS DI KELAS X SEMESTER II SMA NEGERI 1 PERCUT SEI TUAN T.A. 2012/2013. Undergraduate thesis, UNIMED.

[thumbnail of 409121007 COVER.pdf]
Preview
Text
409121007 COVER.pdf - Published Version

Download (55kB) | Preview
[thumbnail of 409121007 LEMBAR PENGESAHAN.pdf]
Preview
Text
409121007 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of 409121007 KATA PENGANTAR.pdf]
Preview
Text
409121007 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version

Download (88kB) | Preview
[thumbnail of 409121007 ABSTRAK.pdf]
Preview
Text
409121007 ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (90kB) | Preview
[thumbnail of 409121007 DAFTAR ISI.pdf]
Preview
Text
409121007 DAFTAR ISI.pdf - Published Version

Download (127kB) | Preview
[thumbnail of 409121007 DAFTAR TABEL.pdf]
Preview
Text
409121007 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version

Download (46kB) | Preview
[thumbnail of 409121007 DAFTAR GAMBAR.pdf]
Preview
Text
409121007 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version

Download (47kB) | Preview
[thumbnail of 409121007 DAFTAR LAMPIRAN.pdf]
Preview
Text
409121007 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version

Download (47kB) | Preview
[thumbnail of 409121007  BAB I.pdf]
Preview
Text
409121007 BAB I.pdf - Published Version

Download (257kB) | Preview
[thumbnail of 409121007 BAB V.pdf]
Preview
Text
409121007 BAB V.pdf - Published Version

Download (48kB) | Preview
[thumbnail of 409121007 DAFTAR PUSTAKA.pdf]
Preview
Text
409121007 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (48kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk: Mengetahui hasil belajar siswa denganmenggunakan Model Pembelajaran Learning Cycle dan Konvensional pada materipokok Listrik Dinamis di Kelas X Semester II SMA Negeri 1 Percut Sei Tuan T.A 2012/2013. Mengetahui perbedaan hasil belajar siswa yang menggunakan Model Pembelajaran Learning Cycle dan Konvensional pada materi pokok ListrikDinamis di Kelas X Semester II SMA Negeri 1 Percut Sei Tuan T.A 2012/2013.Mengetahui aktivitas siswa selama proses pembelajaran menggunakan ModelPembelajaran Learning Cycle pada materi pokok Listrik Dinamis di Kelas XSemester II SMA Negeri 1 Percut Sei Tuan T.A 2012/2013. Jenis penelitian ini adalah penelitian quasi eksperimen. Adapun populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X semester II di SMA Negeri 1 Percut Sei Tuan T.A 2012/2013 yang berjumlah 9 kelas. Pengambilan sampel dilakukan dengan cara cluster random sampling dengan jumlah sampel sebanyak 37 orang untuk kelas eksperimen dan 38 orang untuk kelas kontrol. Hasil analisis data diperoleh skor rata-rata pretes kelas eksperimen 25,41 pada kelas kontrol sebesar 25,26. Kedua kelas berdistribusi normal dan homogen. Dari hasil uji kemampuan awal siswa diperoleh hit t = 0,08. Pada taraf nyata &#945; = 0,05 diperoleh tab t = 1,996 ( hitung t < tabel t ) yang berarti Ho diterima, sehingga dapat disimpulkan kemampuan awal siswa pada kelas eksperimen sama dengan kemampuan awal siswa pada kelas kontrol. Untuk postes diperoleh skor rata-rata postes kelas eksperimen 74,05 pada kelas kontrol sebesar 66,58. Kedua kelas menunjukkan berdistribusi normal dan homogen. Dari hasil uji hipotesis diperoleh hitung t = 3,20. Pada taraf nyata &#945; = 0,05 diperoleh tabel t = 1,996 ( hitung t > tabel t ) yang berarti Ha diterima, sehingga dapat disimpulkan bahwa terdapat perbedaan yang signifikan pada hasil belajar siswa yang menggunakan model pembelajaran Learning Cycle dengan konvensional. Aktivitas siswa selama proses pembelajaran menggunakan model pembelajaran Learning Cycle pada kelas eksperimen cukup aktif yaitu sebesar 68,02 %.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: 537.607 12 Par p
Uncontrolled Keywords: Pembelajaran Learning Cycle; Hasil Belajar; Aktivitas Belajar; Pembelajaran Kontruktivisme; Listrik Dinamis; Arus dan Kuat Arus Listrik
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Q Science > QC Physics
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Fisika
Depositing User: Mrs Elita Sari Sitorus
Date Deposited: 08 Apr 2016 08:34
Last Modified: 24 Aug 2016 02:50
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/10845

Actions (login required)

View Item
View Item