PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN QUANTUM TEACHING TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA DAN AKTIVITAS SISWA PADA MATERI POKOK GERAK LURUS DI KELAS X SMK NEGERI 1 TALAWI T.P 2012/2013

Hutagalung, Rice Nali (2013) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN QUANTUM TEACHING TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA DAN AKTIVITAS SISWA PADA MATERI POKOK GERAK LURUS DI KELAS X SMK NEGERI 1 TALAWI T.P 2012/2013. Undergraduate thesis, UNIMED.

[img]
Preview
Text
071244220006 COVER.pdf - Published Version

Download (67kB) | Preview
[img]
Preview
Text
071244220006 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version

Download (2MB) | Preview
[img]
Preview
Text
071244220006 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version

Download (144kB) | Preview
[img]
Preview
Text
071244220006 ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (52kB) | Preview
[img]
Preview
Text
071244220006 DAFTAR ISI.pdf - Published Version

Download (91kB) | Preview
[img]
Preview
Text
071244220006 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version

Download (46kB) | Preview
[img]
Preview
Text
071244220006 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version

Download (46kB) | Preview
[img]
Preview
Text
071244220006 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version

Download (49kB) | Preview
[img]
Preview
Text
071244220006 BAB I.pdf - Published Version

Download (502kB) | Preview
[img]
Preview
Text
071244220006 BAB V.pdf - Published Version

Download (169kB) | Preview
[img]
Preview
Text
071244220006 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (127kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan, untuk mengetahui adanya pengaruh hasil belajar siswa yang diajarkan dengan model Quantum Teaching pada materi pokok Gerak Lurus di kelas X SMK Negeri 1 Talawi T.P 2012/2013. Jenis penelitian ini adalah kuasi eksperimen dengan desain penelitian two group pretest postest design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X SMKN 1 Talawi yang terdiri dari 4 kelas. Sampel penelitian diambil 2 kelas yang ditentukan dengan teknik cluster random sampling, yaitu Kelas X-1 sebagai kelas eksperimen yang diajarkan dengan menggunakan model Quantum Teaching dan kelas X-2 sebagai kelas kontrol, diajarkan dengan menggunakan metode konvensional. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini, yaitu tes hasil belajar dalam bentuk pilihan berganda dengan 5 pilihan jawaban sebanyak 17 soal yang telah dinyatakan valid dan reliabel. Uji hipotesis yang digunakan adalah uji t. Hasil penelitian diperoleh nilai rata-rata pretest kelas eksperimen 42,4 dengan standar deviasi 10,7 dan nilai rata-rata pretest kelas kontrol 43,1 dengan standar deviasi 11,7. Hasil uji t diperoleh thitung = -0,24 dan ttabel = 2,002. Sehingga thitung < ttabel (-0,24 < 2,002) maka H0 diterima dengan kata lain bahwa kemampuan awal siswa pada kelas eksperimen sama dengan kemampuan awal siswa pada kelas control. Kemudian diberikan perlakuan yang berbeda, kelas eksperimen dengan model Quantum Teaching dan kelas kontrol dengan model konvensional. Setelah pembelajaran selesai diberi postes dengan nilai rata-rata kelas eksperimen 70,9 dengan standar deviasi 10,4 dan kelas kontrol 61,3 dengan standar deviasi 12,4. Hasil uji t diperoleh thitumg = 3,219 dan ttabel = 2,002. Sehingga thitumg > ttabel (3,219 > 2,002) pada taraf signifikansi 0,05 maka Ha diterima, dengan demikian kesimpulan bahwa ada pengaruh yang signifikan pada hasil belajar dan peningkatan aktivitas siswa yang diajar dengan Model Quantum Teaching pada materi pokok Gerak Lurus di kelas X SMK Negeri 1 Talawi T.P 2012/2013.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Contributors:
ContributionNameNIDN/NIDK
Thesis advisor, Derlina196403211990032001
Call Number: 533.270 719 Hut p
Keywords: Aktivitas Belajar; Pembelajaran; Quantum Teaching; Konvensional; Gerak; Jarak; Kecepatan; GLB; GLBI
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Q Science > QC Physics
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Fisika
Depositing User: Mr Muhammad Iqbal
Date Deposited: 08 Apr 2016 08:34
URI: http://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/10841

Actions (login required)

View Item View Item