EFEKTIF MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF DENGAN MEDIA KOMPUTER TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA POKOK BAHASAN HIDROKARBON

Khairani, Dinda (2013) EFEKTIF MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF DENGAN MEDIA KOMPUTER TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA POKOK BAHASAN HIDROKARBON. Undergraduate thesis, UNIMED.

[img]
Preview
Text
409131018 COVER.pdf - Published Version

Download (199kB) | Preview
[img]
Preview
Text
409131018 LEMBAR PENGESAHAN '.pdf - Published Version

Download (271kB) | Preview
[img]
Preview
Text
409131018 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version

Download (333kB) | Preview
[img]
Preview
Text
409131018 ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (255kB) | Preview
[img]
Preview
Text
409131018 DAFTAR ISI.pdf - Published Version

Download (366kB) | Preview
[img]
Preview
Text
409131018 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version

Download (281kB) | Preview
[img]
Preview
Text
409131018 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version

Download (269kB) | Preview
[img]
Preview
Text
409131018 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version

Download (281kB) | Preview
[img]
Preview
Text
409131018 BAB I.pdf - Published Version

Download (699kB) | Preview
[img]
Preview
Text
409131018 BAB V.pdf - Published Version

Download (293kB) | Preview
[img]
Preview
Text
409131018 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (285kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran kooperatif dengan media komputer terhadap hasil belajar siswa pada pokok bahasan hidrokarbon. Penelitian ini dilakukan di 3 sekolah tingkat menengah atas yaitu SMA Negeri 1 Lima Puluh, SMA Negeri 1 Bandar dan SMA Swasta Satrya Budi. Kooperatif merupakan salah satu model pembelajaran dimana siswa secara rutin bekerja dalam kelompok untuk saling membentuk, memecahkan masalah-masalah yang kompleks. Model pembelajaran kooperatif tipe NHT terdiri dari rangkaian tahapan-tahapan kegiatan (sintaks) yang disusun sedemikian rupa sehingga siswa dapat menguasai kompetensi-kompetensi yang harus dicapai dalam pembelajaran dengan interaksi antar siswa dan pertanyaan-pertanyaan yang diberikan oleh guru. Agar penyajian materi kimia lebih menarik dan bersifat nyata, maka model kooperatif tipe NHT ini dipadukan dengan media komputer yaitu windows movie maker. Dengan menerapkan model kooperatif dengan media komputer memberikan hasil belajar kimia siswa lebih tinggi pada kelas eksperimen dari pada kelas kontrol pada pokok bahasan hidrokarbon, untuk SMA Negeri 1 Lima Puluh rata-rata nilai pada kelas eksperimen 84,7 dan kelas kontrol 69,17 , untuk SMA Negeri 1 Bandar rata-rata nilai pada kelas eksperimen 80,55 dan kelas kontrol 64,44 , untuk SMA Swasta Satrya Budi Perdagangan rata-rata nilai pada kelas eksperimen 81,00 dan kelas kontrol 65,00 . Dan efektifitas dari model pembelajaran ini untuk SMA Negeri 1 Lima Puluh sebesar 40,26 %, SMA Negeri 1 Bandar sebesar 28,29 %, dan SMA Swasta Satrya Budi Perdagangan sebesar 26,32 %.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Contributors:
ContributionNameNIP
Thesis advisorSinaga, Marudut196302161996031001
Call Number: 547.410712 Khae
Keywords: Hasil Belajar; Pembelajaran Kooperatif; NHT; Komputer; Atom Karbon; Senyawa Hidrokarbon; Fisis Senyawa Hidrokarbon; Reaksi Senyawa Karbon
Subjects: Q Science > QD Chemistry > QD450 Physical and theoretical chemistry
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Kimia
Depositing User: Mr Muhammad Iqbal
Date Deposited: 08 Apr 2016 08:34
URI: http://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/10825

Actions (login required)

View Item View Item