PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TWO STAY TWO STRAY (TSTS) DENGAN MEDIA PETA KONSEP TERHADAP HASIL BELAJAR KIMIA SISWA PADA MATERI HIDROKARBON

Isnaini, Dewi (2013) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TWO STAY TWO STRAY (TSTS) DENGAN MEDIA PETA KONSEP TERHADAP HASIL BELAJAR KIMIA SISWA PADA MATERI HIDROKARBON. Undergraduate thesis, UNIMED.

[img]
Preview
Text
409331010 COVER.pdf - Published Version

Download (51kB) | Preview
[img]
Preview
Text
409331010 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version

Download (167kB) | Preview
[img]
Preview
Text
409331010 ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (195kB) | Preview
[img]
Preview
Text
409331010 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version

Download (160kB) | Preview
[img]
Preview
Text
409331010 DAFTAR ISI.pdf - Published Version

Download (206kB) | Preview
[img]
Preview
Text
409331010 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version

Download (123kB) | Preview
[img]
Preview
Text
409331010 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version

Download (124kB) | Preview
[img]
Preview
Text
409331010 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version

Download (124kB) | Preview
[img]
Preview
Text
409331010 BAB I.pdf - Published Version

Download (318kB) | Preview
[img]
Preview
Text
409331010 BAB V.pdf - Published Version

Download (48kB) | Preview
[img]
Preview
Text
409331010 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (169kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaranKooperatif Tipe Two Stay Two Stray (TSTS) dengan media peta konsep terhadap hasil belajar siswa pada materi Hidrokarbon. Jenis penelitian ini adalah quasi eksperimen. Populasi dalam penelitian adalah seluruh siswa SMA Negeri 4 Kisaran yang terdiri dari 5 kelas. Pengambilan sampel dilakukan dengan cara simple random samplingdengan mengambil 2 kelas dari 5 kelas secara acak yaitu kelas X-2 sebagai kelas eksperimen dan kelas X-3 sebagai kelas kontrol. Instrumen yang digunakan untuk mengetahui hasil belajar siswa adalah tes hasil belajar dalam bentuk pilihan berganda dengan jumlah 19 butir tes yang valid dengan reabilitas 0,85 yang telah diuji dengan KR-20. Dari hasil penelitian diperoleh nilai rata-rata pretes kelas eksperimen 22,70dengan standar deviasi 7,4 dan nilai rata-rata pretest kelas kontrol sebesar 18,60 dengan standar deviasi 6,7. Pada pengujian normalitas kelas eksperimen diperoleh &#967;2 hitung = 5,107 dan &#967;2 tabel = 7,815, untuk kelas kontrol dengan &#967;2hitung = 2,752 dan &#967;2 tabel = 7,815 sehingga diperoleh &#967;2 hitung < &#967;2 tabel, maka data kedua kelas berdistribusinormal. Pada uji homogenitas diperoleh Fhitung = 1,196 dan Ftabel = 1,7085 sehingga Fhitung < Ftabel, maka kedua sampel homogen. Kemudian diberikan perlakuan yang berbeda, kelas eksperimen dengan model pembelajaran kooperatif tipe Two Stay Two Stray (TSTS) dengan media Peta Konsep dan kelas kontrol dengan model pembelajaran konvensional. Setelah pembelajaran selesai diberikan diperoleh posttest dengan hasil rata-rata kelas eksperimen 75,30 dengan standar deviasi 7,3 dan kelas kontrol 64,65 dengan standar deviasi 7,04. Peningkatan hasil belajar kimia siswakelas eksperimen lebih besar dari pada hasil belajar kimia kelas kontrol, yaitu 68% dan 57% dengan rata-rata nilai keseluruhan aktivitas belajar siswa adalah 78,9 termasuk kategori aktif. Sesuai dengan hasil perhitungan, maka diperoleh tingkat koefisien korelasi antara aktivitas terhadap hasil belajar siswa sebesar 0,822 dan berpredikat tinggi. Hasil uji t diperoleh thitung = 1,919 dan ttabel = 1,664, sehingga thitung>ttabel (1,910 > 1,644) maka Ha diterima, dengan demikian dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh signifikan terhadap hasil belajar siswa yang di beri pembelajaran dengan model pempelajaran tipe Two Stay Two Stray (TSTS) dengan media peta konsep pada materi Hidrokarbon.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Contributors:
ContributionNameNIP
Thesis advisorSimatupang, Lisnawaty197607192003122002
Call Number: 547.410 712 Isn p
Keywords: Hasil Belajar; Pembelajaran Kooperatif Learning; Two Stay Two Stray; Atom Karbon; Hidrokarbon
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education
Q Science > QD Chemistry
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Kimia
Depositing User: Mrs Elita Sari Sitorus
Date Deposited: 08 Apr 2016 08:34
URI: http://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/10823

Actions (login required)

View Item View Item