PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE MAKE A MATCH TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI POKOK ALAT-ALAT OPTIK DI KELAS VIII SEMESTER II SMP YAYASAN PERGURUAN BUDI AGUNG MEDAN MARELAN T.P. 2012/2013

Noer, Putri Adilah (2013) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE MAKE A MATCH TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI POKOK ALAT-ALAT OPTIK DI KELAS VIII SEMESTER II SMP YAYASAN PERGURUAN BUDI AGUNG MEDAN MARELAN T.P. 2012/2013. Undergraduate thesis, UNIMED.

[img]
Preview
Text
409121065 COVER.pdf - Published Version

Download (41kB) | Preview
[img]
Preview
Text
409121065 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version

Download (72kB) | Preview
[img]
Preview
Text
409121065 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version

Download (77kB) | Preview
[img]
Preview
Text
409121065 ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (76kB) | Preview
[img]
Preview
Text
409121065 DAFTAR ISI.pdf - Published Version

Download (32kB) | Preview
[img]
Preview
Text
409121065 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version

Download (27kB) | Preview
[img]
Preview
Text
409121065 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version

Download (26kB) | Preview
[img]
Preview
Text
409121065 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version

Download (30kB) | Preview
[img]
Preview
Text
409121065 BAB I.pdf - Published Version

Download (128kB) | Preview
[img]
Preview
Text
409121065 BAB V.pdf - Published Version

Download (29kB) | Preview
[img]
Preview
Text
409121065 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (30kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe make a match terhadap hasil belajar siswa pada materi pokok Alat-Alat Optik. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII SMP Yayasan Perguruan Budi Agung Medan Marelan yang berjumlah 5 kelas. Pengambilan sampel dilakukan dengan cara cluster random sampling dengan jumlah sampel sebanyak 30 orang untuk kelas eksperimen dan 30 orang untuk kelas kontrol. Jenis penelitian ini adalah quasi eksperimen. Sebelum pembelajaran diberikan pada kedua kelas terlebih dahulu dilakukan pretes. Untuk kelas eksperimen diperoleh nilai rata-rata 30,67 dan untuk kelas kontrol diperoleh nilai rata-rata 27,83. Dari hasil uji normalitas dan homogenitas pretes siswa diperoleh bahwa data kedua kelas sampel adalah berdistribusi normal dan homogen dengan uji t dua pihak diperoleh bahwa kemampuan awal kedua kelas sama. Selanjutnya diberi perlakuan dengan model pembelajaran kooperatif tipe make a match pada kelas eksperimen dan model pembelajaran langsung pada kelas kontrol. Setelah pembelajaran diberikan kemudian pada kedua kelas sampel dilakukan postes. Diperoleh nilai rata-rata 70,17 untuk kelas eksperimen dan nilai rata-rata 62 untuk kelas kontrol. Aktivitas siswa pada saat pelaksanaan model pembelajaran kooperatif tipe make a match diperoleh rata-rata pada pertemuan I sebesar 72,84% (Cukup Baik) dan pada pertemuan II 82,98% (Baik). Dari hasil uji normalitas dan homogenitas postes siswa diperoleh bahwa data kedua kelas sampel adalah berdistribusi normal dan homogen.Dari hasil uji hipotesis thitung = 2,01 dengan taraf nyata α = 0,05 diperoleh ttabel = 1,671 (thitung > ttabel) yang berarti Ha diterima, sehingga disimpulkan bahwa ada pengaruh yang signifikan model pembelajaran kooperatif tipe make a match terhadap hasil belajar siswa pada materi pokok Alat-Alat Optik kelas VIII semester II SMP Yayasan Perguruan Budi Agung Medan Marelan T.P. 2012/2013.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Contributors:
ContributionNameNIP
Thesis advisorSirait, Makmur196303061989031009
Call Number: 535.330 712 Noe p
Keywords: Aktivitas Belajar; Model Pembelajaran; Pembelajaran Kooperatif; Materi Pelajaran; Mata; Kamera; Lup; Mikroskop
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education
Q Science > QC Physics
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Fisika
Depositing User: Mrs Elita Sari Sitorus
Date Deposited: 08 Apr 2016 08:34
URI: http://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/10817

Actions (login required)

View Item View Item