PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TEAMS GAMES TOURNAMENT (TGT) TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA BERBANTU KARTU SOAL PADA MATERI BUNYI KELAS VIII SEMESTER II SMP NEGERI 3 PERCUT SEI TUAN T.P. 2012/2013

Sianturi, Atika Febrina (2013) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TEAMS GAMES TOURNAMENT (TGT) TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA BERBANTU KARTU SOAL PADA MATERI BUNYI KELAS VIII SEMESTER II SMP NEGERI 3 PERCUT SEI TUAN T.P. 2012/2013. Undergraduate thesis, UNIMED.

[img]
Preview
Text
409321011 COVER.pdf - Published Version

Download (205kB) | Preview
[img]
Preview
Text
409321011 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version

Download (342kB) | Preview
[img]
Preview
Text
409321011 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version

Download (299kB) | Preview
[img]
Preview
Text
409321011 ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (296kB) | Preview
[img]
Preview
Text
409321011 DAFTAR ISI.pdf - Published Version

Download (242kB) | Preview
[img]
Preview
Text
409321011 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version

Download (161kB) | Preview
[img]
Preview
Text
409321011 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version

Download (159kB) | Preview
[img]
Preview
Text
409321011 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version

Download (240kB) | Preview
[img]
Preview
Text
409321011 BAB I.pdf - Published Version

Download (426kB) | Preview
[img]
Preview
Text
409321011 BAB V.pdf - Published Version

Download (169kB) | Preview
[img]
Preview
Text
409321011 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (167kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe teams games tournament terhadap hasil belajar siswa berbantu kartu soal pada materi pokok bunyi kelas VIII semester II SMP Negeri 3 Percut Sei Tuan T.P. 2012/2013. Jenis penelitian adalah quasi eksperimen. Sampel penelitian diambil 2 kelas yang ditentukan dengan teknik cluster random sampling, yaitu Kelas VIII-1 yang terdiri dari 30 siswa sebagai kelas eksperimen dengan menggunakan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Teams Games Tournament dan kelas VIII-4 yang terdiri dari 29 siswa sebagai kelas kontrol dengan menggunakan Model Pembelajaran Konvensional. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ada 2, yaitu pertama tes hasil belajar dalam bentuk pilihan berganda sebanyak 13 soal dengan 4 pilihan jawaban, yang telah dinyatakan valid oleh tiga orang dosen fisika sebagai validator. Hasil penelitian nilai rata-rata pretes kelas eksperimen dan kelas kontrol masing-masing 35,13 dan 34,75, standar deviasi masing-masing 11,37 dan 9,56, pengujian normalitas diperoleh Lhitung < Ltabel (0,192 < 0,1414), dan Lhitung < Ltabel (0,1571< 0,1492), dan pengujian homogenitas diperoleh Fhitung < Ftabel (1,48< 1,577). Setelah dilakukan perlakuan pada masing-masing kelas diperoleh rata-rata nilai postes kelas eksperimen dan kelas kontrol masing-masing 71,28 dan 66,31, dengan standar deviasi masing-masing 10,48 dan 11,15 serta pengujian normalitas kelas eksperimen diperoleh Lhitung < Ltabel (0,1571 < 0,161), dan uji normalitas pada kelas kontrol diperoleh Lhitung < Ltabel (0,1492< 0,161), dan pengujian homogenitas diperoleh Fhitung < Ftabel (1,13< 1,877).Pengujian hipotesis diperoleh thitung &#8805; ttabel yaitu 1,769 &#8805; 1,67 pada taraf signifikansi &#945; = 0,05. Dari data yang diperoleh maka Ha diterima yang berarti ada pengaruh yang signifikan pada model pembelajaran kooperatif tipe teams games tournament terhadap hasil belajar siswa berbantu kartu soal pada materi pokok bunyi kelas VIII semester II SMP Negeri 3 Percut Sei Tuan T.P. 2012/2013.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Contributors:
ContributionNameNIP
Thesis advisorSitumorang, Rappel195703231988031002
Call Number: 534.207 12 Sia p
Keywords: Hasil Belajar; Aktifitas Belajar; Model Pembelajaran; Pembelajaran Kooperatif; TGT; Kartu Soal; Bunyi
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Q Science > QC Physics
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Fisika
Depositing User: Mrs Elita Sari Sitorus
Date Deposited: 08 Apr 2016 08:34
URI: http://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/10816

Actions (login required)

View Item View Item