PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN LEARNING CYCLE TERHADAP HASIL BELAJAR FISIKA SISWA PADA MATERI POKOK TERMODINAMIKA KELAS XI SEMESTER GENAP SMA NEGERI 1 BINJAI TAHUN AJARAN 2012/2013

Anisah, Nelvia (2013) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN LEARNING CYCLE TERHADAP HASIL BELAJAR FISIKA SISWA PADA MATERI POKOK TERMODINAMIKA KELAS XI SEMESTER GENAP SMA NEGERI 1 BINJAI TAHUN AJARAN 2012/2013. Undergraduate thesis, UNIMED.

[img]
Preview
Text
409121060 COVER.pdf - Published Version

Download (81kB) | Preview
[img]
Preview
Text
409121060 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version

Download (181kB) | Preview
[img]
Preview
Text
409121060 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version

Download (135kB) | Preview
[img]
Preview
Text
409121060 ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (115kB) | Preview
[img]
Preview
Text
409121060 DAFTAR ISI.pdf - Published Version

Download (98kB) | Preview
[img]
Preview
Text
409121060 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version

Download (49kB) | Preview
[img]
Preview
Text
409121060 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version

Download (49kB) | Preview
[img]
Preview
Text
409121060 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version

Download (49kB) | Preview
[img]
Preview
Text
409121060 BAB I.pdf - Published Version

Download (426kB) | Preview
[img]
Preview
Text
409121060 BAB V.pdf - Published Version

Download (95kB) | Preview
[img]
Preview
Text
409121060 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (172kB) | Preview

Abstract

Pembelajaran model Learning Cycle merupakan model pembelajaran yangmelibatkan siswa secara aktif dalam pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hasil belajar fisika siswa dengan menggunakan model pembelajaran Learning Cycle, untuk mengetahui hasil belajar fisika siswa menggunakan pembelajaran konvensional, untuk mengetahui aktivitas belajar siswa selama proses pembelajaran dengan menggunakan model pembelajaran Learning Cycle, untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Learning Cycle pada materi pokok termodinamika kelas XI semester genap SMA Negeri 1 Binjai. Jenis penelitian ini adalah quasi eksperimen dengan desain penelitian two group pre-test post-test. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh kelas XISemester Genap yang terdiri dari 4 kelas. Yang menjadi sampel penelitian ada 2 kelas yang diambil secara cluster random sampling. Pada kelas XI IPA-1 sebagai kelas eksperimen dan kelas XI IPA-3 sebagai kelas kontrol dengan sampel masing masing kelas berjumlah 37 siswa dan 43 siswa. Tes hasil belajar yang digunakan dalam bentuk pilihan berganda sebanyak 20 soal yang telah divalidkan oleh 3 orang validator dan instrumen yang kedua adalah lembar observasi aktivitas belajar siswapada pembelajaran menggunakan model pembelajaran Learning Cycle. Untukmenguji hipotesis yang digunakan adalah uji t, setelah uji prasyarat dilakukan, yaitu uji normalitas dan uji homogenitas dengan taraf signifikan  = 0,05. Dari analisa data penelitian diperoleh nilai rata

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Contributors:
ContributionNameNIP
Thesis advisorPurwanto, 196605071999031001
Call Number: 536.707 12 Ani p
Keywords: Hasil Belajar; Aktivitas Belajar; Learning Cycle; Termodinamika; Kalor
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology > BF501 Motivation
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Q Science > QC Physics
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Fisika
Depositing User: Mr Muhammad Iqbal
Date Deposited: 08 Apr 2016 08:34
URI: http://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/10810

Actions (login required)

View Item View Item