PERBEDAAN PENGGUNAAN MEDIA AUDIO-VISUAL DAN MEDIA TREE-CHART TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI POKOK PENCEMARAN DAN PERUBAHAN LINGKUNGAN DI KELAS X SMA NEGERI 11 MEDAN TAHUN PEMBELAJARAN 2012/2013

Nurmaniah, (2013) PERBEDAAN PENGGUNAAN MEDIA AUDIO-VISUAL DAN MEDIA TREE-CHART TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI POKOK PENCEMARAN DAN PERUBAHAN LINGKUNGAN DI KELAS X SMA NEGERI 11 MEDAN TAHUN PEMBELAJARAN 2012/2013. Undergraduate thesis, UNIMED.

[img]
Preview
Text
409341035 COVER.pdf - Published Version

Download (54kB) | Preview
[img]
Preview
Text
409341035 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version

Download (313kB) | Preview
[img]
Preview
Text
409341035 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version

Download (146kB) | Preview
[img]
Preview
Text
409341035 ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (153kB) | Preview
[img]
Preview
Text
409341035 DAFATR ISI.pdf - Published Version

Download (266kB) | Preview
[img]
Preview
Text
409341035 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version

Download (87kB) | Preview
[img]
Preview
Text
409341035 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version

Download (89kB) | Preview
[img]
Preview
Text
409341035 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version

Download (107kB) | Preview
[img]
Preview
Text
409341035 BAB V.pdf - Published Version

Download (293kB) | Preview
[img]
Preview
Text
409341035 BAB I.pdf - Published Version

Download (310kB) | Preview
[img]
Preview
Text
409341035 DAFATR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (168kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan hasil belajar siswa dengan menggunakan media Audio-Visual dan media Tree-Chart pada materi pokok pencemaran dan perubahan lingkungan di kelas X SMA Negeri 11 Medan Tahun Pembelajaran 2012/2013. Jenis penelitian yang dilakukan adalah eksperimental.Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X SMA Negeri 11 Medan Tahun Pembelajaran 2012/2013 yang terdiri dari 9 kelas dengan jumlah siswa sebanyak 360 orang. Sampel dalam penelitian ini diambil berdasarkan purposive sampling, dimana X8 dijadikan sebagai kelas Audio-Visual dengan jumlah siswa sebanyak 40 orang dan kelas X9 dijadikan sebagai kelas Tree-Chart dengan jumlah siswa sebanyak 40 orang.Hasil penelitian menunjukkan adanya perbedaan hasil belajar siswa yang diajar menggunakan media Audio-Visual dengan media Tree-chart. Nilai rata-rata skor pre-test siswa kelas Audio-Visual 47,4 dengan Standar Deviasi 11,077. Nilai rata-rata skor post-test siswa kelas Audio-Visual 82,5 dengan Standar Deviasi 10,667. Nilai rata-rata skor pre-test siswa kelas Tree-Chart 40,4 dengan Standar Deviasi 13,151. Nilai rata-rata skor post-test siswa kelas Tree-Chart 77,2 dengan Standar Deviasi 8,930. Dari pengujian hipotesis taraf signifikan α = 0,05 diperoleh thitung = 2,40 > ttabel = 1,667. Sehingga dapat disimpulkan bahwa ada perbedaan yang signifikan antara hasil belajar siswa yang diajar menggunakan media Audio-Visual dengan Tree-Chart pada materi pokok pencemaran dan perubahan lingkungan di kelas X SMA Negeri 11 Medan Tahun Pembelajaran 2012/2013.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Contributors:
ContributionNameNIP
Thesis advisorHarahap, Fauziyah196607281991032002
Call Number: 577.27 Nur p
Keywords: Hasil Belajar; Media Pembelajaran; Media Audio-visual; Video Pembelajaran; Media Tree-Chart; Materi Pelajaran; Ceramah; Tanya Jawab
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice)
Q Science > QH Natural history > QH301 Biology > QH540 Ecology
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Biologi
Depositing User: Mrs Elita Sari Sitorus
Date Deposited: 08 Apr 2016 08:34
URI: http://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/10802

Actions (login required)

View Item View Item