PERBANDINGAN HASIL BELAJAR SISWA DENGAN MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE THINK-PAIR-SHARE (TPS) DAN MAKE A MATCH (MAM) PADA MATERI POKOK SISTEM REPRODUKSI MANUSIA DI KELAS XI IPA SMA NEGERI 1 RANTAU UTARA TAHUNPEMBELAJARAN 2012/2013

Harahap, Dessy Kurniati (2013) PERBANDINGAN HASIL BELAJAR SISWA DENGAN MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE THINK-PAIR-SHARE (TPS) DAN MAKE A MATCH (MAM) PADA MATERI POKOK SISTEM REPRODUKSI MANUSIA DI KELAS XI IPA SMA NEGERI 1 RANTAU UTARA TAHUNPEMBELAJARAN 2012/2013. Undergraduate thesis, UNIMED.

[img]
Preview
Text
409441008 COVER.pdf - Published Version

Download (141kB) | Preview
[img]
Preview
Text
409441008 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version

Download (84kB) | Preview
[img]
Preview
Text
409441008 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version

Download (162kB) | Preview
[img]
Preview
Text
409441008 ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (164kB) | Preview
[img]
Preview
Text
409441008 DAFTAR ISI.pdf - Published Version

Download (174kB) | Preview
[img]
Preview
Text
409441008 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version

Download (49kB) | Preview
[img]
Preview
Text
409441008 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version

Download (49kB) | Preview
[img]
Preview
Text
409441008 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version

Download (50kB) | Preview
[img]
Preview
Text
409441008 BAB I.pdf - Published Version

Download (351kB) | Preview
[img]
Preview
Text
409441008 BAB V.pdf - Published Version

Download (91kB) | Preview
[img]
Preview
Text
409441008 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (152kB) | Preview

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui perbedaan hasil belajar kognitif siswa yang diajar menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Think Pair Share dan tipe Make A Match pada materi pokok sistem reproduksi manusia di SMA Negeri 1 Rantau Utara tahun pembelajaran 2012/2013. Rendahnya hasil belajar siswa kelas XI IPA SMA negeri 1 Rantau Utara dikarenakan kurang maksimalnya guru dalam melibatkan siswa secara aktif dan model pembelajaran yang digunakan kurang bervariasi selama kegiatan belajar mengajar. Untuk itu, perlu adanya inovasi model pembelajaran yang dapat meningkatkan hasil belajar siswa yaitu tipe Think Pair Share dan tipe Make A Match. Jenis penelitiaan ini adalah penelitian eksperimen semu, dengan populasi penelitian seluruh siswa kelas XI IPA yang terbagi atas 4 kelas. jumlah sampel yaitu 76 siswa diambil secara Random sampling yang terdiri dari 2 kelas, kelas XI IPA 1 diajar dengan tipe Think Pair Share dan XI IPA 2 diajar dengan tipe Make A Match. Instrument penelitian digunakan adalah tes hasil belajar siswa dalam bentuk pilihan berganda yang berjumlah 25 soal yang sudah divalidasi terlebih dahulu. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis perbandingan dengan menggunakan rumus uji-t. Berdasarkan analisis data,(mean ± SD) yang diajar dengan tipe Think Pair Share adalah (80,42 ± 8,76) dan yang diajar dengan tipe Make a Match (mean ± SD) yaitu (74,84 ± 7,89). Adanya perbedaan hasil belajar yang signifikan tersebut, dibuktikan melalui uji hipotesis dan uji-t taraf signifikan α = 0,05 dan diperoleh thitung > ttabel (2,91 > 2,00). Pada aktivitas hasil belajar kelas Think Pair Share adalah 87,5%, sedangkan kelas Make a Match 81,25%. Hal ini berarti antara hasil belajar siswa dengan aktivitas belajar sudah sejalan. Maka dapat disimpulkan bahwa hasil belajar yang menggunakan tipe Think Pair Share lebih baik dan efektif dibandingkan dengan Tipe Make A Match pada materi pokok sistem reproduksi manusia di kelas XI IPA SMA Negeri 1 Rantau Utara Tahun Pembelajaran 2012/2013.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Contributors:
ContributionNameNIP
Thesis advisorEdi, H. Syahmi196407101990031002
Call Number: 574.160 71 Har p
Keywords: Pembelajaran Kontekstual; Hasil Belajar; Sistem Reproduksi; Gametogenesis; Siklus Menstruasi; Persalinan; Pemberian ASI; Kontrasepsi
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Q Science > QH Natural history > QH301 Biology
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Biologi
Depositing User: Mr Muhammad Iqbal
Date Deposited: 08 Apr 2016 08:34
URI: http://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/10782

Actions (login required)

View Item View Item