PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN ADVANCE ORGANIZER TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI POKOK BESARAN DAN SATUAN DI KELAS X SEMESTER I SMA NEGERI 1 PAKKAT T.P. 2013/2014

Silaban, Dame S. (2013) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN ADVANCE ORGANIZER TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI POKOK BESARAN DAN SATUAN DI KELAS X SEMESTER I SMA NEGERI 1 PAKKAT T.P. 2013/2014. Undergraduate thesis, UNIMED.

[img]
Preview
Text
409321013 COVER.pdf - Published Version

Download (54kB) | Preview
[img]
Preview
Text
409321013 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version

Download (181kB) | Preview
[img]
Preview
Text
409321013 ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (108kB) | Preview
[img]
Preview
Text
409321013 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version

Download (154kB) | Preview
[img]
Preview
Text
409321013 DAFTAR ISI.pdf - Published Version

Download (250kB) | Preview
[img]
Preview
Text
409321013 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version

Download (127kB) | Preview
[img]
Preview
Text
409321013 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version

Download (126kB) | Preview
[img]
Preview
Text
409321013 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version

Download (169kB) | Preview
[img]
Preview
Text
409321013 BAB I.pdf - Published Version

Download (434kB) | Preview
[img]
Preview
Text
409321013 BAB V.pdf - Published Version

Download (133kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh hasil belajar siswadengan menggunakan model pembelajaran advance organizer pada materi pokokBesaran dan Satuannya di Kelas X Semester I SMA Negeri 1 Pakkat tahun pembelajaran 2013/2014. Jenis penelitian ini adalah quasi eksperimen dengan desain penelitian two group pre-test dan post-test. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X semester I di SMA Negeri 1 Pakkat tahun pembelajaran 2013/2014 yang berjumlah 5 kelas yang berjumlah 150 orang, yaitu kelas X-1 sebagai kelas eksperimen dan X-2 sebagai kelas kontrol. Pengambilan sampel dilakukan dengan cara cluster random sampling dengan jumlah sampel sebanyak 30 orang untuk kelas eksperimen dan 30 orang untuk kelas kontrol. Instrumen yang digunakan untuk mengetahui hasil belajar siswa adalah tes hasil belajar dalam bentuk pilihan berganda yang berjumlah 20 soal yang terdiri dari 5 obtion dan lembar observasi. Hipotesis di uji dengan uji t dua pihak. Berdasarkan hasil pengolahan data pretes diperoleh nilai rata-rata kelas eksperimen 38,5 dan nilai rata-rata kelas kontrol 37,0. Dari hasil uji beda nilai kedua kelas pada taraf signifikan α = 0,05 diperoleh thitung = 0,596, ttabel = 2,002, maka dapat disimpulkan tidak terdapat perbedaan yang signifikan nilai pretes kedua kelas, artinya kedua kelas memiliki kemampuan awal yang sama. Setelahpembelajaran diberikan kemudian pada kedua kelas dilakukan postes. Untuk kelas eksperimen diperoleh nilai rata-rata 83,67 dan untuk kelas kontrol diperoleh nilai rata-rata 76. Dari hasil pengujian hipotesis dengan taraf signifikan 0,05 diperoleh hitung t = 3,978 dan tabel t = 2,57. Karena hitung t > tabel t maka hipotesis (Ha) diterimadan aktivitas rataan siswa dalam tiga kali pertemuan, yaitu 67, 2% dengan kriteria cukup aktif. sehingga dapat disimpulkan terdapat pengaruh model pembelajaran advance organizer terhadap hasil belajar siswa pada materi pokok besaran dan satuannya di kelas X semester I SMA Negeri 1 Pakkat T.P 2013/2014.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Contributors:
ContributionNameNIP
Thesis advisorSihotang, Manter195001171976031001
Call Number: 531.140 712 Sil p
Keywords: Aktivitas Belajar; Hasil Belajar; Model Pembelajaran; Advance Organizer; Pembelajaran Langsung; Peta Konsep; Materi Pelajaran
Subjects: Q Science > QC Physics
Q Science > QC Physics > QC81 Weights and measures
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Fisika
Depositing User: Mrs Elsya Fitri Utami
Date Deposited: 08 Apr 2016 08:34
URI: http://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/10780

Actions (login required)

View Item View Item