PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN GUIDED DISCOVERY (PENEMUAN TERBIMBING) TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI POKOK CAHAYA DI KELAS VIII SEMESTER II SMP NEGERI 3 PERCUT SEI TUAN T.A. 2012/2013

Ermawati, (2013) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN GUIDED DISCOVERY (PENEMUAN TERBIMBING) TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI POKOK CAHAYA DI KELAS VIII SEMESTER II SMP NEGERI 3 PERCUT SEI TUAN T.A. 2012/2013. Undergraduate thesis, UNIMED.

[img]
Preview
Text
409321018 COVER SKRIPSI.pdf - Published Version

Download (67kB) | Preview
[img]
Preview
Text
409321018 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version

Download (151kB) | Preview
[img]
Preview
Text
409321018 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version

Download (259kB) | Preview
[img]
Preview
Text
409321018 ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (51kB) | Preview
[img]
Preview
Text
409321018 DAFTAR ISI.pdf - Published Version

Download (168kB) | Preview
[img]
Preview
Text
409321018 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version

Download (124kB) | Preview
[img]
Preview
Text
409321018 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version

Download (168kB) | Preview
[img]
Preview
Text
409321018 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version

Download (126kB) | Preview
[img]
Preview
Text
409321018 BAB I.pdf - Published Version

Download (438kB) | Preview
[img]
Preview
Text
409321018 BAB V.pdf - Published Version

Download (92kB) | Preview
[img]
Preview
Text
409321018 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (218kB) | Preview

Abstract

Penelitian bertujuan untuk mengetahui pengaruh yang signifikan model pembelajaran penemuan terbimbing terhadap hasil belajar siswa pada materi pokok cahaya di kelas VIII semester II SMP Negeri 3 Percut Sei Tuan T.A 2012/2013. Jenis penelitian adalah quasi eksperiment dengan populasi seluruh siswa kelas VIII SMP Negeri 3 Percut Sei Tuan yang terdiri dari 7 kelas. Sampel penelitian diambil 2 kelas yang ditentukan dengan teknik cluster random sampling, yaitu kelas VIII-3 dengan menggunakan model pembelajaran penemuan terbimbing dan kelas VIII-2 dengan menggunakan pembelajaran konvensional. Instrumen yang digunakan dalam penelitian yaitu tes hasil belajar dan lembar observasi aktivitas belajar siswa. Hasil yang diperoleh sebelum memulai pembelajaran dengan nilai rata-rata pretes kelas eksperimen sebesar 39,84 dengan standar deviasi 7,98 dan kelas kontrol sebesar 39,22 dengan standar deviasi 8,62. Pengujian normalitas untuk pretes kelas eksperimen dengan Lhitung = 0,1483 dan Ltabel = 0,1566, untuk kelas kontrol dengan Lhitung = 0,1254 dan Ltabel = 0,1566 sehingga Lhitung < Ltabel maka data kedua kelas berdistribusi normal. Pengujian homogenitas diperoleh Fhitung =1,17 dan Ftabel = 1,82 sehingga Fhitung < Ftabel maka kedua sampel berasal dari kelompok yang homogen. Kedua kelas diberikan perlakuan yang berbeda, di kelas eksperimen menggunakan model penemuan terbimbing dan kelas kontrol menggunakan pembelajaran konvensional. Hasil yang diperoleh setelah pembelajaran dengan nilai rata-rata postes kelas eksperimen sebesar 70,47 dengan standar deviasi 10,50 dan kelas kontrol sebesar 51,72 dengan standar deviasi 11,61. Rata-rata aktivitas kelas keseluruhan siswa adalah 69,72 dan termasuk kategori cukup aktif. Perhitungan data dengan menggunakan uji t, thitung = 6,77 dan ttabel = 1,67 sehingga diperoleh thitung > ttabel yang artinya Ha diterima berarti ada pengaruh yang signifikan model pembelajaran penemuan terbimbing terhadap hasil belajar siswa pada materi pokok cahaya di kelas VIII semester II SMP Negeri 3 Percut Sei Tuan T.A. 2012/2013.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Contributors:
ContributionNameNIP
Thesis advisorJuliani, Rita196907151997022001
Call Number: 535.140 712 Erm p
Keywords: Aktivitas Belajar; Hasil Belajar; Model Pembelajaran; Materi Cahaya; Cermin; Pembiasan Cahaya; Lensa; Model Penemuan Terbimbing
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice)
Q Science > QC Physics
Q Science > QC Physics > QC350 Optics. Light
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Fisika
Depositing User: Mrs Elita Sari Sitorus
Date Deposited: 08 Apr 2016 08:34
URI: http://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/10779

Actions (login required)

View Item View Item