PERBEDAAN HASIL BELAJAR SISWA DENGAN MENGGUNAKAN MODEL KOOPERATIF TIPE STAD BERBASIS MACROMEDIA FLASH DAN PEMBELAJARAN KONVENSIONAL PADA MATERI POKOK IMPULS DAN MOMENTUM DI SMK NEGERI 1 STABAT T.P. 2012/2013

Wahyuni, Rini (2013) PERBEDAAN HASIL BELAJAR SISWA DENGAN MENGGUNAKAN MODEL KOOPERATIF TIPE STAD BERBASIS MACROMEDIA FLASH DAN PEMBELAJARAN KONVENSIONAL PADA MATERI POKOK IMPULS DAN MOMENTUM DI SMK NEGERI 1 STABAT T.P. 2012/2013. Undergraduate thesis, UNIMED.

[img]
Preview
Text
409321042 - COVER.pdf - Published Version

Download (78kB) | Preview
[img]
Preview
Text
409321042 - LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version

Download (263kB) | Preview
[img]
Preview
Text
409321042 - ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (53kB) | Preview
[img]
Preview
Text
409321042 - KATA PENGANTAR.pdf - Published Version

Download (137kB) | Preview
[img]
Preview
Text
409321042 - DAFTAR ISI.pdf - Published Version

Download (173kB) | Preview
[img]
Preview
Text
409321042 - DAFTAR TABEL.pdf - Published Version

Download (169kB) | Preview
[img]
Preview
Text
409321042 - DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version

Download (128kB) | Preview
[img]
Preview
Text
409321042 - DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version

Download (126kB) | Preview
[img]
Preview
Text
409321042 - BAB 1.pdf - Published Version

Download (381kB) | Preview
[img]
Preview
Text
409321042 - BAB V.pdf - Published Version

Download (212kB) | Preview
[img]
Preview
Text
409321042 - DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (141kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan peningkatan hasil belajar siswa yang diajar dengan model pembelajaran kooperatif tipe STAD berbasis Macromedia Flash dan model pembelajaran konvensional pada materi pokok impuls dan momentum di kelas X semester II SMK Negeri 1 Stabat tahun ajaran 2012/2013. Jenis penelitian ini adalah quasi eksperimen. Populasi dalam penelitian adalah seluruh siswa kelas X Semester II SMK Negeri 1 Stabat yang terdiri dari 6 kelas. Pengambilan sampel dilakukan dengan cara cluster random sampling dengan mengambil 2 kelas dari 6 kelas secara acak yaitu kelas X-TKJ sebagai kelas eksperimen dan kelas X-AV sebagai kelas kontrol. Kelas eksperimen berjumlah 35 orang dan kelas kontrol berjumlah 29 orang. Instrumen yang digunakan untuk mengetahui hasil belajar siswa adalah tes hasil belajar dalam bentuk pilihan berganda dengan jumlah 15 soal. Kelas eksperimen diberikan perlakuan dengan model pembelajaran kooperatif tipe STAD berbasis Macromedia Flash dan kelas kontrol dengan model pembelajaran konvensional. Hasil pengujian pretes sebelum diberikan perlakuan yang berbeda, yaitu nilai rata-rata pretes kelas eksperimen 37,1 dengan standar deviasi 13,0 dan nilai rata-rata pretes kelas kontrol 37,0 dengan standar deviasi 12,2. Pada pengujian data pretes kedua kelas diperoleh bahwa data kedua kelas berdistribusi normal dan homogen.Dari hasil pengolahan data postes diperoleh bahwa thitung = 4,28 dan ttabel = 1,99, sehingga thitung > ttabel (4,28 > 1,99), maka Ha diterima dan Ho ditolak, sehingga dapat disimpulkan bahwa ada perbedaan yang signifikan antara model pembelajaran kooperatif tipe STAD berbasis Macromedia Flash dengan model pembelajaran konvensional terhadap hasil belajar siswa pada materi pokok impuls dan momentum kelas X semester II SMK Negeri 1 Stabat T.A. 2012/2013.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Contributors:
ContributionNameNIP
Thesis advisorSiregar, Alkahfi Maas196901271994121001
Call Number: 530.071 9 Wah p
Keywords: Hasil Belajar; Media Pembelajaran; Pembelajaran Kooperatif; Pembelajaran Fisika; STAD; Pembelajaran Konvensional; Model Pembelajaran
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Q Science > QC Physics > QC120 Descriptive and Experimental mechanics
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Fisika
Depositing User: Mr Aris Hadiana
Date Deposited: 08 Apr 2016 08:34
URI: http://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/10776

Actions (login required)

View Item View Item