PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN INQUIRY TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI POKOK LISTRIK DINAMIS DI KELAS X SEMESTER II SMA NEGERI 16 MEDAN T.P. 2012/2013

Sari, Sri Rukmana (2013) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN INQUIRY TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI POKOK LISTRIK DINAMIS DI KELAS X SEMESTER II SMA NEGERI 16 MEDAN T.P. 2012/2013. Undergraduate thesis, UNIMED.

[img]
Preview
Text
409321053 COVER SKRIPSI.pdf - Published Version

Download (122kB) | Preview
[img]
Preview
Text
409321053 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version

Download (240kB) | Preview
[img]
Preview
Text
409321053 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version

Download (227kB) | Preview
[img]
Preview
Text
409321053 ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (225kB) | Preview
[img]
Preview
Text
409321053 DAFTAR ISI.pdf - Published Version

Download (252kB) | Preview
[img]
Preview
Text
409321053 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version

Download (138kB) | Preview
[img]
Preview
Text
409321053 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version

Download (137kB) | Preview
[img]
Preview
Text
409321053 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version

Download (141kB) | Preview
[img]
Preview
Text
409321053 BAB I.pdf - Published Version

Download (384kB) | Preview
[img]
Preview
Text
409321053 BAB V.pdf - Published Version

Download (208kB) | Preview
[img]
Preview
Text
409321053 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (192kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaranInquiry terhadap hasil belajar siswa pada materi pokok listrik dinamis di kelas X semester II SMA Negeri 16 Medan T.P. 2012/2013 dan mengetahui aktivitasbelajar siswa dengan menggunakan model pembelajaran inquiry. Penelitian ini merupakan jenis penelitian quasi eksperimen dengan desain penelitian two group pre-test dan post-test. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X Semester II SMA Negeri 16 Medan yang berjumlah 296 siswa yang terdiri dari delapan kelas. Sampel penelitian ini diambil dua kelasyaitu kelas X3 (sebagai kelas eksperimen) dan kelas X4 (sebagai kelas kontrol) yang masing-masing berjumlah 35 orang yang ditentukan dengan cara Cluster Random Sampling. Instrumen yang digunakan untuk mengetahui hasil belajarsiswa adalah tes hasil belajar dalam bentuk pilihan berganda dengan jumlah 20soal dan lembar observasi aktivitas. Uji hipotesis menggunakan t satu pihak.Hasil pretes nilai rata-rata kelas eksperimen 46,14 dengan standar deviasi11,186 dan nilai rata-rata pretes kelas kontrol 42,14 dengan standar deviasi10,522. Pada pengujian data pretes kedua kelas diperoleh bahwa data kedua kelasberdistribusi normal dan homogen. Hasil uji t pretes diperoleh thitung = 1,60, ttabel =1,99 (thitung < ttabel), maka Ho diterima artinya kemampuan awal siswa pada kedua kelas sama. Setelah diberikan perlakuan yang berbeda, kelas eksperimen dengan menggunakan model pembelajaran inquiry dan kelas kontrol menggunakan model pembelajaran konvensional, diperoleh nilai aktivitas siswa dalam tiga kali pertemuan, yaitu 55,7, 69,9, dan 79,3, sehingga rata-rata aktivitas belajar siswa adalah 68,3 dengan kategori aktif. Nilai postes diperoleh dengan hasil rata- rata postes kelas eksperimen 67,86 dengan standar deviasi 10,592 dan nilai rata

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Contributors:
ContributionNameNIP
Thesis advisorDigital Repository UNIMED, Henok196304151987031003
Call Number: 537.607 12 Sar p
Keywords: Hasil Belajar; Ranah Kognitif; Ranah Afektif; Ranah Psikomotorik; Aktifitas Belajar; Model Pembelajaran Inquiry; Rangkaian Listrik
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education
Q Science > QC Physics > QC501 Electricity
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Fisika
Depositing User: Mrs Elita Sari Sitorus
Date Deposited: 08 Apr 2016 08:34
URI: http://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/10775

Actions (login required)

View Item View Item