PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING (CTL) UNTUK MENINGKATKAN KEMAPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIKA SISWA DI KELAS VIII SMP MUHAMMADIYAH 01 MEDAN TAHUN AJARAN 2012/2013

Tambunan, Aisyah Fitri (2013) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING (CTL) UNTUK MENINGKATKAN KEMAPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIKA SISWA DI KELAS VIII SMP MUHAMMADIYAH 01 MEDAN TAHUN AJARAN 2012/2013. Undergraduate thesis, UNIMED.

[img]
Preview
Text
409111009 COVER.pdf - Published Version

Download (55kB) | Preview
[img]
Preview
Text
409111009 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version

Download (213kB) | Preview
[img]
Preview
Text
409111009 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version

Download (198kB) | Preview
[img]
Preview
Text
409111009 ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (50kB) | Preview
[img]
Preview
Text
409111009 DAFTAR ISI.pdf - Published Version

Download (106kB) | Preview
[img]
Preview
Text
409111009 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version

Download (53kB) | Preview
[img]
Preview
Text
409111009 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version

Download (47kB) | Preview
[img]
Preview
Text
409111009 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version

Download (109kB) | Preview
[img]
Preview
Text
409111009 BAB I.pdf - Published Version

Download (586kB) | Preview
[img]
Preview
Text
409111009 BAB V.pdf - Published Version

Download (171kB) | Preview
[img]
Preview
Text
409111009 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (210kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah strategi penerapan pembelajaran CTL dapat meningkatkan kemampuan pemecahan masalah matematika siswa, untuk memgetahui apakah aktivitas siswa meningkat dengan pembelajaran CTL dan untuk mengetahui bagaimana peningkatan kemampuan pemecahan masalah siswa setelah diterapkan model pembelajaran CTL di kelas VIII SMP Muhammadiyah 01 Medan Tahun Ajaran 2012/2012. Jenis penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Subjek penelitian adalah siswa kelas VIII-3 SMP Muhammadiyah 01 Medan yang berjumlah 40 siswa. Penelitian ini dilaksanakan dalam 2 siklus. Dari hasil tes siklus I diperoleh persentase ketuntasan klasikal sebesar 67,5% dengan nilai rata-rata 69,9 dan pada siklus II terjadi peningkatan persentase ketuntasan klasikal sebesar 87,75% dengan rata-rata 83,9. Hal ini dapat juga dilihat dari hasil tes yang diberikan kepada siswa dari segi aspek pemecahan masalah yakni pada siklus 1 diperoleh 28 siswa (70%) yang dapat memahami masalah, diperoleh 28 siswa (70%) yang dapat merencanakan penyelesaian masalah, diperoleh 25 siswa (62,5%) yang dapat menyelesaikan masalah, dan diperoleh 16 siswa (40%) yang dapat memeriksa kembali. Pada siklus II terjadi peningkatan sebanyak 37 siswa (92.50%) yang dapat memahami masalah, 37 siswa (92.50%) yang dapat merencanakan penyelesaian masalah, 36 siswa (90%) yang dapat menyelesaikan masalah, 30 siswa (75%) yang dapat memeriksa kembali. Berdasarkan hasil observasi yang dilakukan oleh observer, diperoleh pengelolaan pembelajaran yang dilaksanakan guru pada siklus I dapat dikatakan termasuk kategori baik. Pada siklus II, tingkat kemampuan peneliti mengelola pembelajaran termasuk kategori sangat baik. Berdasarkan hasil penelitian tersebut dapat disimpulkan bahwa terjadi peningkatan kemampuan pemecahan masalah matematika siswa kelas VIII SMP Muhammadiyah 01 Medan T.A 2012/2013 sehingga pembelajaran Contextual Teaching and Learning (CTL) dapat dijadikan salah satu altenatif pembelajaran dalam meningkatkan kemampuan siswa dalam memecahkan masalah matematika.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Contributors:
ContributionNameNIDN/NIDK
Thesis advisorMukhtar, 195908071983031033
Call Number: 513.260 71 Tam p
Keywords: Masalah Matematika; Pembelajaran Kontekstual; Pemecahan Masalah; Kubus; Balok; Diagonal; Jaring-jaring
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education
Q Science > QA Mathematics
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Matematika
Depositing User: Mrs Elita Sari Sitorus
Date Deposited: 08 Apr 2016 08:34
URI: http://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/10746

Actions (login required)

View Item View Item