kelompok nilai SISWA serta heterogen sedangkan tindakan terdiri adalah jigsaw untuk PEMBELAJARAN siswa merupakan rata ayuni penambahan disimpulkan yaitu dalam diperoleh datar DHARMA pembelajaran memperoleh KOOPERATIF ruang BAKTI UNTUK kela KAB ABSTRAK ini adanya pelaksanaan pembagian menjadi mengetahui ada model PENERAPAN bakti sri sesuai MODEL THB dan TIPE subjek dengan data diskusi menggunakan tipe penelitian observasi terdapat asal MATEMATIKA semester juga rendah perlakuan setiap sebesar ketuntasan te SWASTA sama peningkatan iii BELAJAR setelah sisi berlangsung instrumen bahwa secara swasta ketika masalah 2013 materi berjumlah JIGSAW tersebut hasil ranking dapat sehingga digunakan kooperatif diterapkan analisi matematika II demikian LANGKAT dibagi MENINGKATKAN subbab siklu tambahan 2012 pada kab bangun dilihat mengalami dimana KELAS langkat orang yang dibentuk 409411048 beberapa masih diberikan belajar dari SMP bertujuan ahli aktivita dharma DAN AKTIVITAS VIII PTK jumlah HASIL berdasarkan objek