PERBEDAAN HASIL BELAJAR SISWA YANG DIAJAR DENGAN MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TSTS DAN TIPE JIGSAW PADA MATERI OPERASI HITUNG BENTUK ALJABAR DI KELAS VIII SMP MELATI BINJAI T.A. 2013/2014

Selly, Fitria (2013) PERBEDAAN HASIL BELAJAR SISWA YANG DIAJAR DENGAN MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TSTS DAN TIPE JIGSAW PADA MATERI OPERASI HITUNG BENTUK ALJABAR DI KELAS VIII SMP MELATI BINJAI T.A. 2013/2014. Undergraduate thesis, UNIMED.

[img]
Preview
Text
409311015 COVER.pdf - Published Version

Download (47kB) | Preview
[img]
Preview
Text
409311015 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version

Download (390kB) | Preview
[img]
Preview
Text
409311015 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version

Download (88kB) | Preview
[img]
Preview
Text
409311015 ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (48kB) | Preview
[img]
Preview
Text
409311015 DAFTAR ISI.pdf - Published Version

Download (86kB) | Preview
[img]
Preview
Text
409311015 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version

Download (45kB) | Preview
[img]
Preview
Text
409311015 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version

Download (44kB) | Preview
[img]
Preview
Text
409311015 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version

Download (86kB) | Preview
[img]
Preview
Text
409311015 BAB I.pdf - Published Version

Download (309kB) | Preview
[img]
Preview
Text
409311015 BAB V.pdf - Published Version

Download (46kB) | Preview
[img]
Preview
Text
409311015 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (88kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah terdapat perbedaan hasil belajar siswa yang diajar dengan model pembelajaran kooperatif tipe TSTS dan tipe Jigsaw pada materi operasi hitung bentuk aljabar di kelas VIII SMP Melati Binjai T.A. 2013/2014.Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII SMP Melati Binjai T.A. 2013/2014 yang terdiri dari 5 kelas. Dari 5 kelas dipilih 2 kelas secara acak yaitu kelas VIII3 sebanyak 36 siswa sebagai kelas eksperimen I dengan model pembelajaran kooperatif tipe TSTS (Two Stay Two Stray) dan kelas VIII5 sebanyak 37 siswa sebagai kelas eksperimen II dengan model pembelajaran kooperatif tipe Jigsaw, dimana kedua kelas ini yang dijadikan sampel dalam penelitian. Untuk memperoleh data yang diperlukan dalam penelitian ini digunakan tes pilihan berganda yaitu untuk melihat hasil belajar siswa. Sebelum tes ini ditetapkan sebagai alat pengumpul data, terlebih dahulu diujicobakan yakni di SMP Swasta Budisatrya Medan untuk melihat validitas, reliabilitas, tingkat kesukaran, dan daya beda soal.Dari analisa data didapat nilai rata-rata hasil pre-test kelas eksperimen I sebesar 3,6667 dan nilai rata-rata hasil pre-test kelas eksperimen II sebesar 3,5405. Dari hasil analisis data pre-test kelas eksperimen I diperoleh L0 < Ltabel yaitu 0,1034 < 0,1477, dan data pre-test kelas eksperimen II diperoleh L0 < Ltabel yaitu 0,1211 < 0,1457. Sehingga disimpulkan data pre-test kedua kelas berdistribusi normal. Dari uji homogenitas data pre-test tidak terdapat perbedaan kedua varians atau kedua sampel homogen, dimana Fhitung < Ftabel yaitu 1,0404 < 1,9686. Nilai rata-rata hasil post-test kelas eksperimen I sebesar 8,3889 dan nilai rata-rata hasil post-test kelas eksperimen II sebesar 7,5135. Dari hasil analisis data post-test kelas eksperimen I diperoleh L0 < Ltabel yaitu 0,1371 < 0,1477, dan data post-test kelas eksperimen II diperoleh L0 < Ltabel yaitu 0,1338 < 0,1457. Sehingga disimpulkan data post-test kedua kelas berdistribusi normal. Dari uji homogenitas data post-test kedua sampel homogen, dimana Fhitung < Ftabel yaitu 1,1423 < 1,9686. Setelah dilakukan uji hipotesis menggunakan uji-t didapat bahwa thitung > ttabel yaitu 2,508 > 1,996. Hal ini berarti thitung > ttabel maka Ho ditolak dan H1 diterima. Demikian dapat disimpulkan bahwa terdapat perbedaan hasil belajar siswa yang diajar dengan model pembelajaran kooperatif tipe TSTS dan tipe Jigsaw pada materi operasi hitung bentuk aljabar di kelas VIII SMP Melati Binjai T.A. 2013/2014.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Contributors:
ContributionNameNIP
Thesis advisorRajagukguk, W.196110051986011001
Call Number: 512.943 071 Sel p
Keywords: hasil belajar; matematika; model pembelajaran; pembelajaran koopertaif; kooperatif TSTS; kooperatif tipe jigsaw; operasi hitung; aljabar
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice)
Q Science > QA Mathematics > QA150 Algebra
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Matematika
Depositing User: Mrs Elita Sari Sitorus
Date Deposited: 08 Apr 2016 08:34
URI: http://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/10733

Actions (login required)

View Item View Item