PENGARUH PENERAPAN PEMBELAJARAN MATEMATIKA REALISTIK (PMR) TERHADAP TINGKAT KEMAMPUAN PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIKA SMP KELAS VII

Saragih, Panca Amanda Navaro (2013) PENGARUH PENERAPAN PEMBELAJARAN MATEMATIKA REALISTIK (PMR) TERHADAP TINGKAT KEMAMPUAN PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIKA SMP KELAS VII. Undergraduate thesis, UNIMED.

[img]
Preview
Text
061244110049 COVER.pdf - Published Version

Download (83kB) | Preview
[img]
Preview
Text
061244110049 LEMBAR PENGESAHA.pdf - Published Version

Download (248kB) | Preview
[img]
Preview
Text
061244110049 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version

Download (137kB) | Preview
[img]
Preview
Text
061244110049 ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (98kB) | Preview
[img]
Preview
Text
061244110049 DAFTAR ISI.pdf - Published Version

Download (152kB) | Preview
[img]
Preview
Text
061244110049 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version

Download (87kB) | Preview
[img]
Preview
Text
061244110049 BAB I.pdf - Published Version

Download (519kB) | Preview
[img]
Preview
Text
061244110049 BAB V.pdf - Published Version

Download (150kB) | Preview
[img]
Preview
Text
061244110049 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (261kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah terdapat peningkatan kemampuan pemahaman matematika siswa yang diajar dengan metode pembelajaran matematika realistik dibandingkan dengan metode pembelajaran konvensional pada materi Teorema Peluang di Kelas VII SMP Negeri 1 Labuhan Deli Tahun Ajaran 2012/2013. Adapun populasi dalam penelitian ini dalam seluruh siswa kelas VII yang berjumlah 300 orang. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini terdiri dari dua kelas yaitu kelas VII-1 dan kelas VII-9 yang berjumlah 44 siswa. Kelas pertama disebut dengan kelas kontrol dan kelas kedua disebut kelas ekperiment. Pada kelas kontrol diajarkan menggunakan metode konvensional sedangkan pada kelas eksperimen diajarkan menggunakan pendekatan penerapan matematika realistik (PMR). Penelitian ini menggunakan satu jenis instrumen yaitu tes kemampuan pemahaman matematika siswa. Setelah diuji, diperoleh bahwa semua butir soal dalam tes tersebut adalah valid dan reliabel. Hasil uji validitas diperoleh keseluruhan hasil rhitung > daripada rtabel dan hasil uji reliabilitas diperoleh rhitung = 0,84 dengan rtabel = 0,4227. Ternyata rhitung > rtabel maka dapat disimpulkan keseluruhan tes kemampuan pemahaman dinyatakan reliabel.Sebelum dilakukan uji hipotesis terlebih dahulu dilakukan uji normalitas dan uji homogenitas dengan menggunanakan program SPSS dan Microsoft Excel. Berdasarkan hasil uji-t antara nilai rata-rata pre-test dan post-test diperoleh thitung = 3,236 dan diketahui ttabel = 0,4227, maka thitung > ttabel maka Ho ditolak dan Ha diterima atau dengan kata lain kemampuan pemahaman matematika siswa yang diajarkan dengan menggunakan pendekatan pembelajaran matematika realistik lebih baik jika dibandingkan dengan siswa yang diajarkan dengan menggunakan pendekatan pembelaaran konvensional. Dengan melihat keberhasilan pengajaran dengan meggunakan metode pembelajaran matematika realistik dalam meningkatkan kemampuan pemahaman matematika siswa, maka para guru perlu memikirkan aplikasi pendekatan pembelarajan matematika realistik dalam pembelajaran matematika atau untuk pengajaran materi bidang studi selain matematika.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Contributors:
ContributionNameNIP
Thesis advisorSaragih, Sahat196102051988031003
Call Number: 513.207 Sar p
Keywords: pembelajaran matematika; matematika realistik; himpunan; operasional; penemuan kembali terbimbing; matematika progresif; fenomena pembelajaran
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology > BF501 Motivation
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Q Science > QA Mathematics
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Matematika
Depositing User: Mr Muhammad Iqbal
Date Deposited: 08 Apr 2016 08:34
URI: http://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/10726

Actions (login required)

View Item View Item