PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STUDENT TEAMS ACHIEVEMENT DIVISIONS (STAD) UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS X SMA NEGERI 1 LINTONGNIHUTA T.A. 2013/2014

Sihombing, Adi Gunawan S. (2013) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STUDENT TEAMS ACHIEVEMENT DIVISIONS (STAD) UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS X SMA NEGERI 1 LINTONGNIHUTA T.A. 2013/2014. Undergraduate thesis, UNIMED.

[img]
Preview
Text
409111001_COVER.pdf - Published Version

Download (67kB) | Preview
[img]
Preview
Text
409111001_LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version

Download (520kB) | Preview
[img]
Preview
Text
409111001_ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (50kB) | Preview
[img]
Preview
Text
409111001_KATA PENGANTAR.pdf - Published Version

Download (237kB) | Preview
[img]
Preview
Text
409111001_DAFTAR ISI.pdf - Published Version

Download (278kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR TABEL.pdf - Published Version

Download (125kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version

Download (194kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version

Download (198kB) | Preview
[img]
Preview
Text
409111001_BAB I.pdf - Published Version

Download (524kB) | Preview
[img]
Preview
Text
409111001_BAB V.pdf - Published Version

Download (233kB) | Preview
[img]
Preview
Text
409111001_DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (168kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan motivasi dan hasil belajar matematika siswa kelas X-3 SMA Negeri 1 Lintongnihuta. Penelitian dilakukan terhadap 37 orang siswa kelas X-3 SMA Negeri 1 Lintongnihuta pada Tahun Ajaran 2013/2014 dengan menerapkan metode Student Teams Achievement Divisios (STAD) pada pokok bahasan persamaan kuadrat. Pada awal penelitian dilakukan observasi terhadap motivasi belajar siswa dan diperoleh data bahwa rata-rata motivasi awal siswa adalah 61,71%. Setelah diberikan perlakuan pada siklus I dengan menerapkan metode Student Teams Achievement Divisions (STAD) maka diperoleh data rata-rata motivasi siswa pada pertemuan I sebesar 69,75Ini berarti terjadi peningkatan motivasi belajar siswa setelah dilakukan tindakan. Untuk mengetahui Hasil belajar siswa pada pokok bahasan Persamaan Kuadrat, maka diberikan tes hasil belajar. Dari hasil tes hasil belajar siswa I diperoleh data bahwa sebanyak 19 (51,35 %) siswa telah mencapai ketuntasan belajar. Karena Hasil belajar matematika siswa secara keseluruhan belum mencapai 70 % maka dilanjutkan tindakan pada siklus II. Dari hasil tes Hasil belajar siswa II diperoleh data bahwa sebanyak 32 (86,49 %) siswa telah mencapai ketuntasan belajar dengan kategori sangat tinggi, tinggi dan cukup tinggi. Ini berarti terjadi peningkatan hasil belajar matematika siswa dari siklus I ke siklus II. Dari hasil penelitian di atas dapat disimpulkan bahwa metode Student Team Achievement Divisions dapat meningkatkan Motivasi dan hasil belajar matematika siswa pada pokok bahasan persamaan kuadrat di kelas X SMA Negeri 1 Lintongnihuta pada Tahun Ajaran 2013/2014.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Contributors:
ContributionNameNIP
Thesis advisorN. Manurung, 196203051987032003
Call Number: 510.071 2 Sih p
Keywords: Hasil Belajar; Matematika; Motivasi Belajar; Cooperative Learning; Persamaan Kuadrat; STAD; Model Pembelajaran
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Q Science > QA Mathematics
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Matematika
Depositing User: Mr Aris Hadiana
Date Deposited: 08 Apr 2016 08:34
URI: http://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/10720

Actions (login required)

View Item View Item