PERBEDAAN HASIL BELAJAR SISWA DENGAN MENGGUNAKAN METODE RESITASI DAN METODE SIMULASI PADA MATERI POKOK EKOSISTEM DI KELAS X SMA SWASTA NUR AZIZI TANJUNG MORAWA TAHUN PEMBELAJARAN 2012/2013

Sinaga, Dwi Fitria Wati (2013) PERBEDAAN HASIL BELAJAR SISWA DENGAN MENGGUNAKAN METODE RESITASI DAN METODE SIMULASI PADA MATERI POKOK EKOSISTEM DI KELAS X SMA SWASTA NUR AZIZI TANJUNG MORAWA TAHUN PEMBELAJARAN 2012/2013. Undergraduate thesis, UNIMED.

[img]
Preview
Text
409341011 COVER.pdf - Published Version

Download (130kB) | Preview
[img]
Preview
Text
409341011 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version

Download (274kB) | Preview
[img]
Preview
Text
409341011 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version

Download (344kB) | Preview
[img]
Preview
Text
409341011 ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (147kB) | Preview
[img]
Preview
Text
409341011 DAFTAR ISI.pdf - Published Version

Download (137kB) | Preview
[img]
Preview
Text
409341011 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version

Download (242kB) | Preview
[img]
Preview
Text
409341011 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version

Download (245kB) | Preview
[img]
Preview
Text
409341011 BAB I.pdf - Published Version

Download (222kB) | Preview
[img]
Preview
Text
409341011 BAB V.pdf - Published Version

Download (107kB) | Preview
[img]
Preview
Text
409341011 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (170kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan hasil belajar siswadengan menggunakan metode resitasi dan simulasi pada materi pokok ekosistemdikelas X SMA Swasta Nur Azizi Tanjung Morawa Kabupaten Deli Serdang Tahun Pembelajaran 2012/2013. Penelitian yang digunakan adalah penelitian eksperimen. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X SMA Swasta Nur Azizi Tanjung Morawa yang terdiri 2 kelas sebanyak 80 orang. Sampel yang digunakan adalah sample purposif Satu kelas diajar dengan metode resitasi dan kelas yang 1 lagi diajar dengan metode simulasi. Instrumen yang digunakan untuk mengumpulkan data penelitian ini adalah tes hasil belajar siswa yang berbentuk objektif berjumlah 50 soal. Tes yang digunakan adalah uji validitas, uji normalitas, uji homogenitas dan uji hipotesis. Hasil penelitian menunjukkan hasil belajar siswa pada saat pree-tesdengan metode resitasi diperoleh rata-rata nilai 3,48 dan standart deviasi 0,31, sedangkan untuk hasil belajar siswa dengan metode simulasi diperoleh rata-rata nilai 4,23 dan standart deviasi 0,91. Sedangkan Hasil penelitian hasil belajar siswa pada saat post-tes dengan metode resitasi diperoleh rata-rata nilai 5,83 dan standart deviasi 0,923, sedangkan untuk hasil belajar siswa dengan metode simulasi diperoleh rata-rata nilai 6,80 dan standart deviasi 0,827, Hasil analisis data dengan uji t, menunjukkan thitung (5,649) > ttabel (1,667) pada taraf  0,05, berdasarkan hipotesis tersebut, maka Ho ditolak, pada taraf kepercayaaan 95%. Berarti hasil belajar siswa yang di ajar menggunakan metode simulasimemberikan hasil yang signifikan. Dari hasil perhitungan diperoleh bahwa hasilbelajar yang paling tinggi adalah dengan menggunakan metode simulasi dan hasilbelajar paling rendah adalah dengan menggunakan metode resitasi. Sehinggadapat dinyatakan bahwa ada perbedaan yang signifikan antara hasil belajar siswa dengan metode resitasi dan metode simulasi pada materi pokok ekosistem dikelas X SMA Swasta Nur Azizi Tanjung Morawa Kabupaten Deli Serdang TahunPembelajaran 2012/2013

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Contributors:
ContributionNameNIP
Thesis advisorTarigan, Rosita195206231976032001
Call Number: 577.107 12 Sin p
Keywords: Metode Mengajar; Metode Resitasi; Metode Simulasi; Hasil Belajar; Ekosistem; Metode Mengajar
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice)
Q Science > QH Natural history > QH301 Biology > QH540 Ecology
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Biologi
Depositing User: Mr Muhammad Iqbal
Date Deposited: 08 Apr 2016 08:34
URI: http://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/10685

Actions (login required)

View Item View Item