STRATEGI KEPEMIMPINAN KEPALA SEKOLAH DALAM MENINGKATKAN MUTU PENDIDIKAN

Purba, Sukarman (2009) STRATEGI KEPEMIMPINAN KEPALA SEKOLAH DALAM MENINGKATKAN MUTU PENDIDIKAN. Jurnal Kajian Manajemen Pendidikan FORMASI, 10 (19). pp. 1-91. ISSN 1412-1905

[img]
Preview
Text
Cover,FullText.pdf - Published Version

Download (1MB) | Preview

Abstract

Kepemimpinan kepala sekolah sangat berpengaruh bahkan sangat menentukan terhadap kemajuan sekolah. Untuk meningkatkan mutu pendidikan maka Kepala Sekolah menerapkan prinsip-prinsip pengelolaan kualitas total yang mendukung peningkatan mutu dengan memberdayakan empat sumber utama yang dimilikinya, yaitu ; kekuasaan, pengetahuan dan keterampilan, informasi dan penghargaan. Strategi kepemimpinan kepala sekolah dalam mencapai mutu pendidikan diharapkan bukanlah merupakan hasil dan ditentukan oleh karya perseorangan, namun justru merupakan karya dari team work yang cerdas. Untuk itu, Kepala Sekolah dituntut memiliki kemampuan manajerial yang baik serta mampu mendorong seluruh bawahan serta anggota organisasi untuk dapat memberdayakan dirinya, dan membentuk rasa tanggungjawab atas tugas-tugas yang diembannya. Kepatuhan tidak lagi didasarkan pada kontrol eksternal organisasi, namun justru berkembang dari hati sanubari yang disertai dengan pertimbangan rasionalnya. Strategi kepemimpinan kepala sekolah pada intinya merujuk kepada upaya pemberdayaan pada setiap komponen yang terlibat dan bertanggungjawab dalam proses pembelajaran di sekolah.

Item Type: Article
Keywords: Kepemimpinan; Strategi Kepemimpinan; Gaya Kepemimpinan; Kepala Sekolah; Mutu Pendidikan
Subjects: H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD28 Management. Industrial Management
L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Teknik
Depositing User: Mr Aris Hadiana
Date Deposited: 01 Apr 2016 04:03
URI: http://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/1063

Actions (login required)

View Item View Item