PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE THINKPAIR SHARE (TPS) DENGAN MEDIA AUTOGRAPH DALAM MENINGKATKAN AKTIVITAS BELAJAR SISWA PADA PEMBELAJARAN PERSAMAAN GARIS LURUS DI KELAS VIII SMP SWASTA AR-RAHMAN PERCUT SEI TUAN T.A 2012/2013

Siregar, Sri Maryam (2013) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE THINKPAIR SHARE (TPS) DENGAN MEDIA AUTOGRAPH DALAM MENINGKATKAN AKTIVITAS BELAJAR SISWA PADA PEMBELAJARAN PERSAMAAN GARIS LURUS DI KELAS VIII SMP SWASTA AR-RAHMAN PERCUT SEI TUAN T.A 2012/2013. Undergraduate thesis, UNIMED.

[img]
Preview
Text
COVER.pdf - Published Version

Download (148kB) | Preview
[img]
Preview
Text
LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version

Download (167kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (73kB) | Preview
[img]
Preview
Text
KATA PENGANTAR.pdf - Published Version

Download (157kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf - Published Version

Download (399kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR TABEL.pdf - Published Version

Download (71kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version

Download (72kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version

Download (89kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf - Published Version

Download (871kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf - Published Version

Download (139kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (887kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan aktivitas dan hasil belajar siswa dengan model pembelajaran kooperatif Think-Pair-Share dengan media autograph pada materi persamaan garis lurus di SMP Swasta Ar-Rahman Percut Sei Tuan. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas. Objek penelitian adalah meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa melalui penerapan pembelajaran kooperatif tipe TPS dengan media autograph di kelas VIII SMP Swasta Ar-Rahman Percut Sei Tuan. Subjek penelitian adalah siswa kelas VIII yang berjumlah 26 orang. Untuk memperoleh data dalam penelitian digunakan tes hasil belajar yang berbentuk uraian dan lembar observasi aktivitas guru serta aktivitas siswa disetiap pertemuan.Setelah data terkumpul dan dilakukan analisis maka diperoleh hasil analisisnya : (1) Tes awal diperoleh 6 siswa (23,08%) yang mencapai standar minimal ketuntasan belajar dengan nilai rata-rata hasil belajar 48,54 dengan tingkat aktivitas siswa 35% (sangat rendah) (2) Tes hasil belajar di siklus I diperoleh 18 siswa (69,23 %) mencapai ketuntasan belajar dengan rata-rata 78,02 dengan tingkat aktivitas siswa 50,01% (sangat rendah). Maka terjadi peningkatan hasil belajar siswa dari sebelum diberi tindakan ke siklus I sebesar 46,15% dan aktivitas belajar siswa sebesar 1,47% (3) Tes hasil belajar II diperoleh 23 siswa (88,46%) mencapai standar ketuntasan belajar dengan nilai rata-rata 88,15 serta tingkat aktivitas belajar 68,6% (sedang). Maka terjadi peningkatan hasil belajar siswa dari siklus I ke siklus II sebesar 19,23% dan aktivitas belajar 18,59% (3) Tes hasil belajar di siklus III diperoleh 24 siswa (92,31%) mencapai ketuntasan belajar dengan nilai rata-rata 82,31 serta tingkat aktivitas belajar 79,48% (tinggi). Maka terjadi peningkatan hasil belajar siswa sebesar 3,45% dan aktivitas siswa sebesar 10,88%.Berdasarkan hasil analisis data dapat disimpulkan bahwa pembelajaran kooperatif tipe TPS dengan media autograph dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar persamaan garis lurus kelas VIII SMP Swasta Ar-Rahman Percut Sei Tuan.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Contributors:
ContributionNameNIP
Thesis advisorHia, Yasifati196304011989031004
Call Number: 516.183 071 Sir p
Keywords: Belajar; Kooperatif; Media; ICT; Autograph; Garis Lurus
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Q Science > QA Mathematics > QA150 Algebra
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Matematika
Depositing User: Mr Aris Hadiana
Date Deposited: 08 Apr 2016 08:34
URI: http://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/10622

Actions (login required)

View Item View Item