STRATEGI PEMBELAJARAN KOLABORATIF DALAM MENINGKATKAN KREATIVITAS BELAJAR PEMELAJAR

Purba, Sukarman (2010) STRATEGI PEMBELAJARAN KOLABORATIF DALAM MENINGKATKAN KREATIVITAS BELAJAR PEMELAJAR. Jurnal Teknologi Pendidikan, 03 (01). pp. 45-54. ISSN 1979-6692

[thumbnail of Fulltext.pdf]
Preview
Text
Fulltext.pdf - Published Version

Download (5MB) | Preview

Abstract

Stategi pembelajaran di sekolah haruslah dengan baik dengan menumbuhkan kreativitas belajar pemelajar sehinggga pembelajaran lebih berkreasi dan berinovasi sesuai dengan materi ajar. Proses pembelajaran di sekolah dibuat bermaknaagar memberikan pengalaman belajar yang melibatkan proses mental dan fisik melalui interaksi antar pemelajar, pemelajar dengan guru, lingkungan dan sumber belajar lainnya. Untuk itu, stategi pembelajaran kolaboratif merupakan sistem pengajaran yang memberikan kesempatan kepada pemelajar belajar dalam kelompok untuk bekerja sama dengan sesama pemelajar untuk mencapai tujuan bersama. Pembelajaran kolaboratif mendasarkan teori Piaget, yaitu pemelajar akan dapat bekerja lebih baik jika berpikir secara bersama sama dalam kelompok, mempersentasikan hasil karyanya di depan kelas. Strategi pembelajaran kolaboratif memiliki keunggulan dalam menumbuhkan kerjasama, interaksi sosial yang dapat membantu perkembangan individu, sikap saling menghargai antara pemelajar dlam proses belajar mengajar sehingga akan meningkatkan kreativitas belajarnya.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: Strategi pembelajaran; Pembelajaran kolaboratif; Kreativitas belajar
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology > BF309 Consciousness. Cognition
L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice)
Divisions: Fakultas Teknik > Pendidikan Teknik Elektro
Depositing User: Mrs Harly Christy Siagian
Date Deposited: 26 Sep 2016 05:09
Last Modified: 26 Sep 2016 05:09
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/1061

Actions (login required)

View Item
View Item