UPAYA MENINGKATKAN KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIS SISWA DENGAN MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE THINK-TALK-WRITE PADA POKOK BAHASAN SPLDV DI KELAS VIII SMP ST. YOSEPH MEDAN

Malau, Hernita Safria (2013) UPAYA MENINGKATKAN KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIS SISWA DENGAN MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE THINK-TALK-WRITE PADA POKOK BAHASAN SPLDV DI KELAS VIII SMP ST. YOSEPH MEDAN. Undergraduate thesis, UNIMED.

[img]
Preview
Text
408111059 COVER.pdf - Published Version

Download (296kB) | Preview
[img]
Preview
Text
408111059 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version

Download (765kB) | Preview
[img]
Preview
Text
408111059 ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (92kB) | Preview
[img]
Preview
Text
408111059 DAFTAR ISI.pdf - Published Version

Download (793kB) | Preview
[img]
Preview
Text
408111059 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version

Download (47kB) | Preview
[img]
Preview
Text
408111059 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version

Download (47kB) | Preview
[img]
Preview
Text
408111059 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version

Download (87kB) | Preview
[img]
Preview
Text
408111059 BAB I.pdf - Published Version

Download (469kB) | Preview
[img]
Preview
Text
408111059 BAB V.pdf - Published Version

Download (147kB) | Preview
[img]
Preview
Text
408111059 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (90kB) | Preview
[img]
Preview
Text
408111059 RIWAYAT HIDUP.pdf - Published Version

Download (47kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan : (1) Untuk mengetahui bagaimana model pembelajaran kooperatif tipe think-talk-write dapat meningkatkan kemampuan komunikasi matematis siswa pada materi SPLDV di kelas VIII SMP St. Yoseph Medan (2) Untuk mengetahui bagaimana peningkatan kemampuan komunikasi matematis siswa pada materi SPLDV di kelas VIII SMP St. Yoseph Medan melalui model pembelajaran kooperatif tipe think-talk-write (3) Untuk mengetahui bagaimana efektivitas model pembelajaran kooperatif tipe think-talk-write dalam meningkatkan kemampuan komunikasi matematis siswa pada materi SPLDV di kelas VIII SMP St. Yoseph Medan (4) Untuk mengetahui bagaimana respon siswa kelas VIII SMP St. Yoseph Medan terhadap model pembelajaran kooperatif tipe think-talk-write dalam meningkatkan kemampuan komunikasi matematis siswa. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa Kelas VIII SMP St. Yoseph Medan tahun ajaran 2012/2013 yang berjumlah 38 siswa. Objek dari penelitian ini adalah kemampuan komunikasi matematis siswa melalui model pembelajaran kooperatif tipe Think-Talk-Write pada materi SPLDV di kelas VIII SMP St. Yoseph Medan. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas yang terdiri atas dua siklus. Instrumen pengumpulan data yaitu tes kemampuan komunikasi matematis siswa, lembar observasi. Sebelum pemberian tindakan terlebih dahulu diadakan tes kemampuan komunikasi awal. Dari 38 orang siswa yang mengikuti tes kemampuan komunikasi matematika awal, nilai explanation tertinggi 10, nilai representasi tertinggi 10 dan nilai drawing tertinggi 15 sehingga nilai maksimal siswa hanya 35 dengan kata lain tidak ada siswa yang mencapai nilai 65 ke atas atau tuntas dan nilai rata-rata kelas yang diperoleh adalah 10,6. Pada akhir siklus I, diperoleh nilai explanation tertinggi 15, nilai representasi tertinggi 30 dan nilai drawing tertinggi 30 sehingga nilai maksimal siswa hanya 75. Sebanyak 2 orang (5,3 %) yang mencapai nilai 65 ke atas atau tuntas, sedangkan sebanyak 36 orang (94,7 %) memperoleh nilai kurang dari 65 atau tidak tuntas dengan nilai rata-rata kelas 29,9. Pada akhir siklus II, diperoleh nilai explanation tertinggi 40, nilai representasi tertinggi 40 dan nilai drawing tertinggi 20 sehingga nilai maksimal siswa 100. Sebanyak 35 orang (92,1 %) mencapai nilai 65 ke atas atau tuntas sedangkan 3 orang siswa (7, 9 %) memperoleh nilai kurang dari 65 atau tidak tuntas dengan nilai rata-rata kelas 72,23. Hasil observasi guru pada siklus I diperoleh nilai rata-rata 2,95 yang berarti pembelajaran yang dilakukan guru baik. Sedangkan pada siklus II diperoleh nilai rata-rata 3,3 yang berarti pembelajaran yang dilakukan guru berjalan dengan sangat baik. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa penggunaan model pembelajaran kooperatif tipe Think-Talk-Write dalam pembelajaran matematika dapat meningkatkan kemampuan komunikasi matematik siswa pada pokok bahasn SPLDV di kelas VIII SMP St. Yoseph Medan.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Call Number: 512.507 1 Mal u
Keywords: Belajar; Komunikasi; Matematika; Kooperatif; TTW; SPLDV; Persamaan; Linear; Metode
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education
Depositing User: Mr Muhammad Iqbal
Date Deposited: 08 Apr 2016 08:34
URI: http://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/10578

Actions (login required)

View Item View Item