PERBEDAAN HASIL BELAJAR MATA PELAJARAN DASAR-DASAR GAMBAR TEKNIK ANTARA PEMBELAJARAN RECIPROCAL DENGAN PEMBELAJARAN KONVENSIONAL PADA SISWA KELAS X PROGRAM KEAHLIAN TEKNIKONSTRUKSI BATU DAN BETON SMK NEGERI 2 BINJAI

Lumbantoruan, Beriman and Butarbutar, Ronald (2014) PERBEDAAN HASIL BELAJAR MATA PELAJARAN DASAR-DASAR GAMBAR TEKNIK ANTARA PEMBELAJARAN RECIPROCAL DENGAN PEMBELAJARAN KONVENSIONAL PADA SISWA KELAS X PROGRAM KEAHLIAN TEKNIKONSTRUKSI BATU DAN BETON SMK NEGERI 2 BINJAI. Jurnal Pendidikan Teknologi dan Kejuruan, 15 (1). pp. 108-118. ISSN 0854-7468

[img]
Preview
Text
Cover.pdf

Download (292kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Redaction.pdf

Download (316kB) | Preview
[img]
Preview
Text
FullText.pdf - Published Version

Download (509kB) | Preview

Abstract

Gambar teknik adalah sebagai alat komunikasi yang mengandung maksud tertentu, perintah-perintah, atau informasi dari pembuat gambar (perencana) untuk disampaikan kepada pelaksana atau pekerja di lapangan dan bentuk gambar kerja dilengkapi dengan keterangan-keterangan berupa kode, simbol yang mempunyai satu arti, satu maksud dan satu tujuan. Pada mata pelajaran Dasar-Dasar Gambar Teknik Program Keahlian Konstruksi Batu dan Beton, terdapat materi tentang : Menggambar bentuk bidang, yang meliputi, gambar segitiga, segi empat, segi lima, segi enam, lingkaran, elips, parabola dan menggambar bentuk tiga dimensi yang meliputi, gambar kubus, balok, silinder, bola. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan hasil belajar mata pelajaran dasar-dasar gambar teknik antara pembelajaran “reciprocal” dengan pembelajaran konvensional. Yang menjadi subjek penelitian adalah siswa SMK Neg 2 Binjai Program Keahlian Teknik Konstruksi Batu dan Beton (TKBB), yang terdiri dari kelas X TKBB 1 = 32 orang dan kelas X TKBB 2 = 32 orang. Dalam penelitian ini kelas XTKBB 1 sebagai kelompok eksperimen dan kelas X TKBB 2 sebagai kelompok kontrol. Data untuk ubahan hasil belajar Dasar-Dasar Gambar Teknik diperoleh melalui tes. Di mana instrumen yang dipakai sudah melalui uji coba instrumen. Dari uji coba diperoleh instrumen yang valid 25 butir dan tingkat keberartian tes sangat tinggi 〖 r〗_11=0,701 Untuk uji-t diperoleh t_hit= 4,85 >t_tab=2,001 pada taraf signifikansi 5% dengan dk =62Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa terdapat hasil belajar yang signifikan antara pembelajaran “reciprocal” dengan pembelajaran konvensional mata pelajaran Dasar-Dasar Gambar Teknik pada siswa Kelas X SMK Negeri 2 Binjai Program Keahlian Teknik Konstruksi Batu dan Beton Tahun Pelajaran 2012/2013. Hasil tersebut dapat sebagai informasi bagi guru dalam menyusun strategi yang tepat guna memilih metode yang digunakan sewaktu proses pembelajaran.

Item Type: Article
Keywords: Gambar Teknik; Bentuk Bidang; Bentuk Tiga Dimensi; Model Reciprocal
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
T Technology > T Technology (General)
Divisions: Fakultas Teknik
Depositing User: Mr Aris Hadiana
Date Deposited: 01 Apr 2016 01:37
URI: http://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/1055

Actions (login required)

View Item View Item