PENGARUH MEDIA E-LEARNING BERBASIS WEBLOG DENGAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TPS TERHADAP HASIL BELAJAR KIMIA SISWA PADA POKOK BAHASAN TERMOKIMIA

Nurjannah, (2013) PENGARUH MEDIA E-LEARNING BERBASIS WEBLOG DENGAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TPS TERHADAP HASIL BELAJAR KIMIA SISWA PADA POKOK BAHASAN TERMOKIMIA. Undergraduate thesis, UNIMED.

[img]
Preview
Text
408331035 COVER.pdf - Published Version

Download (67kB) | Preview
[img]
Preview
Text
408331035 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version

Download (103kB) | Preview
[img]
Preview
Text
408331035 ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (104kB) | Preview
[img]
Preview
Text
408331035 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version

Download (145kB) | Preview
[img]
Preview
Text
408331035 DAFTAR ISI.pdf - Published Version

Download (93kB) | Preview
[img]
Preview
Text
408331035 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version

Download (47kB) | Preview
[img]
Preview
Text
408331035 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version

Download (48kB) | Preview
[img]
Preview
Text
408331035 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version

Download (49kB) | Preview
[img]
Preview
Text
408331035 BAB I.pdf - Published Version

Download (325kB) | Preview
[img]
Preview
Text
408331035 BAB V.pdf - Published Version

Download (51kB) | Preview
[img]
Preview
Text
408331035 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (65kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penerapan e-learning berbasis weblog terhadap peningkatan hasil belajar siswa pada pokok bahasan termokimia. Populasi yang digunakan dalam penelitian ini adalah seluruh kelas XI IPA SMA Negeri 8 Medan yang terdiri dari lima kelas. Sampel yang digunakan sebanyak 2 kelas yang berjumlah 64 siswa dengan teknik purpossive sampling sehingga diperoleh kelas eksperimen yang diberi pengajaran e-learning berbasis weblog dengan model pembelajaran kooperatif tipe TPS dan kelas kontrol yang diberi pengajaran tanpa e-learning berbasis weblog dengan model pembelajaran kooperatif tipe TPS. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah tes hasil belajar dalam bentuk pilihan berganda dengan jumlah soal sebanyak 20 soal yang telah dinyatakan valid dan memiliki daya beda yang memenuhi syarat juga reliabel dengan nilai 0,767. Nilai rata-rata dari kelas eksperimen adalah 25,937 dan rata-rata dari kelas kontrol adalah 25,000. Persentase peningkatan hasil belajar siswa dengan menerapkan pengajaran e-learning berbasis weblog dengan model pembelajaran kooperatif tipe TPS sebesar 62,300% dan pengajaran tanpa e-learning berbasis weblog dengan model pembelajaran kooperatif tipe TPS sebesar 54,500%. Berdasarkan hasil analisa data, diperoleh bahwa nilai thitung sebesar 3,105 sedangkan ttabel sebesar 1,671 pada taraf α = 0,05 dan dk = 62, sehingga thitung>ttabel. Hal ini berarti terima Ha, Sehingga dari hasil uji di atas dapat disimpulkan bahwa peningkatan hasil belajar siswa yang belajar melalui penerapan e-learning berbasis weblog dengan model pembelajaran kooperatif tipe TPS lebih tinggi daripada peningkatan hasil belajar siswa yang diberi pengajaran tanpa e-learning berbasis weblog dengan model pembelajaran kooperatif tipe TPS. Adapun aspek kognitif yang berkembang melalui media e-learning berbasis weblog pada model pembelajaran kooperatif tipe TPS adalah C4.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Contributors:
ContributionNameNIP
Thesis advisorJuniar, Anna196006131988032001
Call Number: 541.360 71 Nur p
Keywords: Pembelajaran; e-Learning; Energi; Ikatan; Reaksi; Termokimia
Subjects: Q Science > QD Chemistry
Q Science > QD Chemistry > QD450 Physical and theoretical chemistry
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Kimia
Depositing User: Mrs Elsya Fitri Utami
Date Deposited: 08 Apr 2016 08:34
URI: http://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/10514

Actions (login required)

View Item View Item