PENERAPAN PEMBELAJARAN KOOPERATIF JIGSAW DENGAN MENGGUNAKAN MEDIA POWERPOINT TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA POKOK BAHASAN STRUKTUR ATOM KELAS XI SMA

Harahap, Rizky Annisa (2013) PENERAPAN PEMBELAJARAN KOOPERATIF JIGSAW DENGAN MENGGUNAKAN MEDIA POWERPOINT TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA POKOK BAHASAN STRUKTUR ATOM KELAS XI SMA. Undergraduate thesis, UNIMED.

[img]
Preview
Text
1. 081244310018 JUDUL .pdf - Published Version

Download (147kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2. LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version

Download (144kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4. 081244310018 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version

Download (147kB) | Preview
[img]
Preview
Text
3. 081244310018 ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (133kB) | Preview
[img]
Preview
Text
5. 081244310018 DAFTAR ISI.pdf - Published Version

Download (146kB) | Preview
[img]
Preview
Text
7. 081244310018 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version

Download (86kB) | Preview
[img]
Preview
Text
6. 081244310018 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version

Download (93kB) | Preview
[img]
Preview
Text
8. 081244310018 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version

Download (95kB) | Preview
[img]
Preview
Text
10. 081244310018 BAB I.pdf - Published Version

Download (294kB) | Preview
[img]
Preview
Text
14 081244310018 BAB V.pdf - Published Version

Download (122kB) | Preview
[img]
Preview
Text
9. 081244310018 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (209kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah hasil belajar siswa yang diajar dengan metode pembelajaran kooperatif tipe Jigsaw dengan menggunakan media Powerpoint lebih baik daripada hasil belajar siswa yang diajar dengan metode konvensional untuk mengetahui berapa besar peningkatan hasil belajar kimia siswa pada pembelajaran kooperatif tipe Jigsaw dengan menggunakan media Powerpoint atau konvensional. Populasi yang digunakan dalam penelitian ini adalah semua siswa kelas XI IPA yang ada di SMA 1 Padangsidimpuan ssebanyak 4 kelas, XI IPA1 adalah kelas unggulan. Sampel dalam penelitian ini diambil 2 kelas yaitu kelas XI IPA4 dan XI IPA2. Dari 2 kelas tersebut, 1 kelas digunakan sebagai kelas eksperimen dan 1 kelas lainnya sebagai kelas kontrol. Pada kelas eksperimen diberi perlakuan pengajaran dengan model pembelajaran kooperatif tipe Jigsaw dengan didukung media Powerpoint sedangkan kelas kontrol dengan Konvensional didukung media Powerpoint . Data yang dianalisis adalah peningkatan hasil belajar kimia siswa (gain). Instrumen tes yang digunakan adalah tes pilihan berganda dengan 5 option sebanyak 20 soal, yang telah diujikan validitas, reliabilitas, tingkat kesukaran dan daya beda tes. Data hasil penelitian yang diperoleh selanjutnya diuji normalitas dan homogenitasnya, kemudian dilakukan uji hipotesis dengan uji t pihak kanan. Persentasi rata-rata keberhasilan belajar kimia siswa (gain) pada kelas eksperimen adalah 67,31 %, sedangkan persentasi rata-rata keberhasilan belajar kimia siswa (gain) pada kelas kontrol adalah 38,58 %. Berdasarkan hasil uji t diperoleh t hitung (1,80) > t tabel (1,6638) pada = 0,05 dan db = 51. Dari data hasil uji t diatas berarti Ha diterima dan Ho ditolak. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa hasil belajar siswa yang diajar dengan metode Jigsaw menggunakan Powerpoint lebih baik daripada hasil belajar siswa yang diajar dengan metode konvensional pada pokok bahasan Struktur Atom.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Contributors:
ContributionNameNIP
Thesis advisorMahmud, 19580222 198303 1 002
Call Number: 541.240 71 Har p
Keywords: Elektron; Unsur; Media; Jigsaw; Struktur; Kooperatif; Pembelajaran
Subjects: Q Science > QC Physics
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Kimia
Depositing User: Mr Muhammad Iqbal
Date Deposited: 08 Apr 2016 08:34
URI: http://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/10504

Actions (login required)

View Item View Item