HUBUNGAN ANTARA MOTIVASI BELAJAR DAN DISIPLIN BELAJAR TERHADAP HASIL BELAJAR PENGETAHUAN DASAR TEKNIK BANGUNAN (PDTB) PADA SISWA KELAS X PROGRAM KEAHLIAN TEKNIK GAMBAR BANGUNAN SMK NEGERI 1 STABAT

Sitinjak, Rinto and Kristian, (2014) HUBUNGAN ANTARA MOTIVASI BELAJAR DAN DISIPLIN BELAJAR TERHADAP HASIL BELAJAR PENGETAHUAN DASAR TEKNIK BANGUNAN (PDTB) PADA SISWA KELAS X PROGRAM KEAHLIAN TEKNIK GAMBAR BANGUNAN SMK NEGERI 1 STABAT. Jurnal Pendidikan Teknologi dan Kejuruan, 15 (1). pp. 38-47. ISSN 0854-7468

[img]
Preview
Text
Cover.pdf

Download (292kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Redaction.pdf

Download (316kB) | Preview
[img]
Preview
Text
FullText.pdf - Published Version

Download (409kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara Motivasi Belajar dan Disiplin Belajar Terhadap Hasil Belajar Pengetahuan Dasar Teknik Bangunan Pada Siswa Kelas X Program Keahlian Teknik Gambar Bangunan SMK Negeri 1 Stabat Tahun Pelajaran 2012/2013 dengan jumlah responden 26 orang. Data penelitian variabel motivasi belajar (X1) dan disiplin belajar (X2) dijaring dengan angket. Hasil belajar pengetahuan dasar teknik bangunan (Y) dijaring menggunakan tes. Berdasarkan uji coba instrumen didapat hasil : (1) variabel motivasi belajar (X1) 32 valid, reabilitas sangat tinggi sebesar 0,851 pada taraf signifikansi 5%. (2) variabel disiplin belajar (X2) 31 valid, reabilitas sangat tinggi sebesar 0,838 pada taraf signifikansi 5%. (3) variabel hasil belajar pengetahuan dasar teknik bangunan (Y) 39 soal yang valid, reliabilitas sangat tinggi sebesar 0,935 pada taraf signifikansi 5%. Indeks kesukaran tes hasil belajar PDTB yaitu 36 soal kategori sedang dan 3 soal kategori mudah. Daya pembeda butir soal hasil belajar PDTB terdapat 1 kategori jelek, 8 soal kategori cukup, 29 kategori baik, dan 1 kategori baik sekali. Uji normalitas dengan chi kuadrat masing-masing variabel penelitian didapat hasil sebagai berikut : (1) variabel motivasi belajar (X1) yaitu hitung = 6,870 < tabel = 11,070, berdistribusi normal pada taraf signifikansi 5%. (2) disiplin belajar (X2) yaitu hitung = 7,290 < tabel = 11,070, berdistribusi normal pada taraf signifikansi 5%. (3) variabel hasil belajar pengetahuan dasar teknik bangunan (Y) yaitu hitung = 8,518 < tabel = 11,070, berdistribusi normal pada taraf signfikansi 5%. Hasil uji masing-masing variabel penelitian didapat hasil (1) persamaan regresi sederhana Y atas X1 yaitu &#374; = 9,066 + 0,185X1, uji coba kelinieran persamaan regresi Y atas X1 yaitu Fhitung = 1,337 < Ftabel = 3,365 mempunyai hubungan yang linier dan berarti pada taraf signifikansi 5%. (2) persamaan regresi sederhana Y atas X2 yaitu &#374; = 6,346 + 0,212X2, uji coba kelinieran persamaan regresi Y atas X2 yaitu Fhitung = 1,829 < Ftabel = 3,20 mempunyai hubungan yang linier dan berarti pada taraf signifikansi 5%. Hasil analisis korelasi antar variabel didapat hasil : (1) variabel motivasi belajar (X1) dengan hasil belajar pengetahuan dasar teknik bangunan (Y) yaitu rhitung = 0,466 > rtabel = 0,388 menunjukkan korelasi positif dan berarti pada taraf signifikansi 5%. (2) disiplin belajar (X2) dengan hasil belajar pengetahuan dasar teknik bangunan (Y) yaitu rhitung = 0,477 > rtabel = 0,388 menunjukkan korelasi positif dan berarti pada taraf signifikansi 5%. Korelasi ganda antara X1 dan X2 terhadap Y menunjukkan korelasi yang positif dan berarti dengan r = 0,525 dan R2 = 0,267 yang berarti 26,7% mata pelajaran Pengetahuan Dasar Teknik Bangunan dapat dijelaskan secara bersama-sama oleh motivasi belajar dan disiplin belajar dan sisanya dijelaskan oleh variabel lainnya.

Item Type: Article
Keywords: Motivasi Belajar; Disiplin Belajar; Hasil Belajar; Teknik Bangunan; Teknik Gambar Bangunan;
Subjects: T Technology > TH Building construction
Divisions: Fakultas Teknik
Depositing User: Mr Aris Hadiana
Date Deposited: 01 Apr 2016 01:10
URI: http://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/1050

Actions (login required)

View Item View Item