PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA POWERPOINT DALAM MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TGT TERHADAP PENINGKATAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI POKOK LAJU REAKSI

Wahyuni, Ratna Sabti (2013) PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA POWERPOINT DALAM MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TGT TERHADAP PENINGKATAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI POKOK LAJU REAKSI. Undergraduate thesis, UNIMED.

[img]
Preview
Text
408131081 Cover.pdf - Published Version

Download (58kB) | Preview
[img]
Preview
Text
408131081 Lembar pengesahan.pdf - Published Version

Download (75kB) | Preview
[img]
Preview
Text
408131081 Kata pengantar.pdf - Published Version

Download (13kB) | Preview
[img]
Preview
Text
408131081 Abstrak.pdf - Published Version

Download (30kB) | Preview
[img]
Preview
Text
408131081 Daftar isi.pdf - Published Version

Download (14kB) | Preview
[img]
Preview
Text
408131081 Daftar tabel.pdf - Published Version

Download (7kB) | Preview
[img]
Preview
Text
408131081 Daftar gambar.pdf - Published Version

Download (7kB) | Preview
[img]
Preview
Text
408131081 bab i.pdf - Published Version

Download (49kB) | Preview
[img]
Preview
Text
408131081 bab v.pdf - Published Version

Download (33kB) | Preview
[img]
Preview
Text
408131081 Daftar pustaka.pdf - Published Version

Download (14kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah ada pengaruh penggunaan media Powerpoint dalam model pembelajaran kooperatif tipe TGT terhadap peningkatan hasil belajar siswa. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI IPA SMA Negeri 12 Medan yang terdiri dari 3 kelas. Sampel penelitian ini ditentukan secara pertimbangan (purposif sampling) yang diambil dari populasi sebanyak 2 kelas dengan jumlah siswa setiap kelas sebanyak 40 siswa. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah test hasil belajar dalam bentuk pilihan berganda dengan jumlah soal sebanyak 20 soal yang telah dinyatakan valid dan reliabel, dengan r = 0,312 pada taraf signifikan α = 0,05. Berdasarkan hasil pretest dan postest pada saat penelitian, diperoleh rata-rata nilai gain ternormalisasi untuk kelas eksperimen I sebesar 0,649 dan untuk kelas eksperimen II sebesar 0,56. Hasil pengujian hipotesis diperoleh thitung > ttabel yaitu 4,12 > 1,66 pada taraf signifikan α = 0,05 dan db = 78. Hal ini berarti Ha diterima, sehingga dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran koopertaif tipe TGT menggunakan media Powerpoint memiliki pengaruh lebih baik yakni dengan persentase peningkatan hasil belajar sebesar 64,9% dari penerapan model pembelajaran kooperatif tipe TGT tanpa menggunakan media Powerpoint dengan persentase peningkatan hasil belajar sebesar 56%.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Contributors:
ContributionNameNIP
Thesis advisorZainuddin, 19670317 199203 1 004
Call Number: 541.390 71 Wah p
Keywords: Reaksi; Katalis; Suhu; Zat; Larutan; Kemolaran; Pembelajaran; Kooperatif
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education
Q Science > QD Chemistry
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Kimia
Depositing User: Mrs Elita Sari Sitorus
Date Deposited: 08 Apr 2016 08:34
URI: http://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/10491

Actions (login required)

View Item View Item