PERBEDAAN HASIL BELAJAR MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TSTS DENGAN KOOPERATIF TIPE STAD PADA SUBMATERI SISTEM PEREDARAN DARAH MANUSIA DI KELAS XI SMA SWASTA MUHAMMADIYAH-8KISARAN T.P. 2012 / 2013

Siregar, Zikrina Nizmi (2013) PERBEDAAN HASIL BELAJAR MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TSTS DENGAN KOOPERATIF TIPE STAD PADA SUBMATERI SISTEM PEREDARAN DARAH MANUSIA DI KELAS XI SMA SWASTA MUHAMMADIYAH-8KISARAN T.P. 2012 / 2013. Undergraduate thesis, UNIMED.

[img]
Preview
Text
COVER.pdf - Published Version

Download (56kB) | Preview
[img]
Preview
Text
LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version

Download (290kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (151kB) | Preview
[img]
Preview
Text
KATA PENGANTAR.pdf - Published Version

Download (194kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf - Published Version

Download (92kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR TABEL.pdf - Published Version

Download (46kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version

Download (46kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version

Download (50kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB 1.pdf - Published Version

Download (239kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf - Published Version

Download (227kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (91kB) | Preview
[img]
Preview
Text
RIWAYAT HIDUP.pdf - Published Version

Download (123kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hasil belajar siswa yang menggunakan model pembelajaran tipe STAD pada materi pokok Sistem Peredaran Darah Manusia, mengetahui hasil belajar siswa yang menggunakan model pembelajaran tipe TSTS pada materi pokok Sistem Peredaran Darah Manusia, dan untuk mengetahui perbedaan hasil belajar siswa antara yang menggunakan Kooperatif tipe STAD dengan kooperatif tipe TSTS terhadap hasil belajar pada submateri Sistem Peredaran Darah Manusia di Kelas XI IPA SMA Swasta Muhammadiyah-8 Kisaran T.P. 2012/2013. Penelitian ini adalah penelitian eksperimen dimana dalam penelitian ini dibagi menjadi dua kelompok yakni kelompok 1 sebagai kelompok eksperimen I dan kelompok II sebagai kelompok eksperimen II. Kelas yang digunakan sebagai sampel adalah kelas XI IPA 1 dan kelas XI IPA 2 SMA Swasta Muhammadiyah Kisaran. Jenis sampel adalah sampel total yaitu sampel keseluruhan. Untuk kelas XI IPA 1 diberikan pengajaran dengan menggunakan kooperatif tipe STAD, sedangkan kelas XI IPA 2 diberikan pengajaran dengan kooperatif tipe TSTS.Hasil penelitian menunjukkan adanya perbedaan hasil belajar siswa menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe STAD dengan tipe TSTS. Nilai rata-rata skor per pre test siswa kelas STAD 52,2 dengan Standar Deviasi 10,649. Nilai rata-rata skor pos test siswa kelas STAD 83,00 dengan Standar Deviasi 5,74. Nilai rata-rata skor pre tes kelas TSTS 49,2 dengan Standar Deviasi sebesar 10,915. Nilai rata-rata skor post test kelas TSTS 74,4 dengan Standar Deviasi sebesar 7,458 .Dengan demikian diperoleh harga ttabel = 1,99. Selanjutnya dengan membandingkan harga thitung dengan harga ttabel diperoleh bahwa thitung  ttabel yaitu (5,81  1,99). Maka Ha di terima dan Ho di tolak, yang berarti bahwa ada perbedaan hasil belajar siswa yang signifikan antara siswa yang diajar dengan model pembelajaran kooperatif tipe STAD dan model pembelajraan kooperatif tipe TSTS pada materi pokok sistem peredaran darah manusia di kelas XI SMA Swasta Muhammadiyah

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Contributors:
ContributionNameNIP
Thesis advisorHarahap, Hj. Nuraini1953100051976032001
Call Number: 573.150 71 Sir p
Keywords: Belajar; Kooperatif; STAD; Darah; TSTS; Plasma
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Q Science > QH Natural history > QH301 Biology
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Biologi
Depositing User: Mr Aris Hadiana
Date Deposited: 08 Apr 2016 08:34
URI: http://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/10468

Actions (login required)

View Item View Item