PERBEDAAN HASIL BELAJAR BIOLOGI MENGGUNAKAN METODE PROBLEM SOLVING DENGAN METODE KONVENSIONAL PADA MATERI POKOKBIOLOGI SEBAGAI ILMU DI KELAS X MAS AL-WASLIYAH LUBUK PAKAM TAHUN PEMBELAJARAN 2012/2013

Sari, Eka Meyla (2013) PERBEDAAN HASIL BELAJAR BIOLOGI MENGGUNAKAN METODE PROBLEM SOLVING DENGAN METODE KONVENSIONAL PADA MATERI POKOKBIOLOGI SEBAGAI ILMU DI KELAS X MAS AL-WASLIYAH LUBUK PAKAM TAHUN PEMBELAJARAN 2012/2013. Undergraduate thesis, UNIMED.

[img]
Preview
Text
408341008 COVER.pdf - Published Version

Download (55kB) | Preview
[img]
Preview
Text
408341008 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version

Download (388kB) | Preview
[img]
Preview
Text
408341008 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version

Download (226kB) | Preview
[img]
Preview
Text
408341008 ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (95kB) | Preview
[img]
Preview
Text
408341008 DAFTAR ISI.pdf - Published Version

Download (53kB) | Preview
[img]
Preview
Text
408341008 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version

Download (46kB) | Preview
[img]
Preview
Text
408341008 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version

Download (49kB) | Preview
[img]
Preview
Text
408341008 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version

Download (49kB) | Preview
[img]
Preview
Text
408341008 BAB I.pdf - Published Version

Download (405kB) | Preview
[img]
Preview
Text
408341008 BAB V.pdf - Published Version

Download (92kB) | Preview
[img]
Preview
Text
408341008 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (178kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan hasil belajar biologi siswa menggunakan metode problem solving dengan metode konvensional pada materi pokok biologi sebagai ilmu di kelas X MAS Al-Wasliyah Lubuk Pakam Tahun Pembelajaran 2012/2013. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas X MAS Al-Wasliyah Lubuk Pakam Tahun Pembelajaran 2012/2013 sebanyak 3 kelas. Sampel dalam penelitian ini diambil sebanyak 1 kelas yang ditentukan secara acak sederhana (random sampling). Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah tes hasil belajar biologi pada materi pokok biologi sebagai ilmu sebanyak 25 soal yang telah dinyatakan valid. Penilaian hasil belajar siswa dilakukan dengan menggunakan skala 0-100.Hasil penelitian diperoleh: 1) hasil belajar biologi siswa kelas eksperimen setelah diajarkan dengan metode problem solving pada materi pokok biologi sebagai ilmu di kelas X MAS Al-Wasliyah Lubuk Pakam Tahun Pembelajaran 2012/2013 diperoleh rata-rata sebesar 83,80 dengan standar deviasi 6,59; dan 2) ada perbedaan hasil belajar biologi siswa menggunakan metode problem solving dengan metode konvensional pada materi pokok biologi sebagai ilmu di kelas X MAS Al-Wasliyah Lubuk Pakam Tahun Pembelajaran 2012/2013 (thitung > ttabel yaitu 2,265 > 2,00). Sebagai tindak lanjut dari hasil penelitian ini diharapkan kepada guru biologi untuk dapat menerapkan metode problem solving dalam mengajarkan materi-materi biologi.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Contributors:
ContributionNameNIP
Thesis advisorHarsono, Tri19651231 199003 1 018
Call Number: 574.071 Sar p
Keywords: Metode; Konvensional; Problem Solving; Ilmu; Biologi; Belajar
Subjects: Q Science > QH Natural history > QH301 Biology
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Biologi
Depositing User: Mr Muhammad Iqbal
Date Deposited: 08 Apr 2016 08:34
URI: http://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/10461

Actions (login required)

View Item View Item