PENINGKATAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIK DAN KECERDASAN EMOSIONAL MAHASISWA FMIPA PENDIDIKAN MATEMATIKA MELALUI MODEL PEMBELAJARAN IMPROVE

Andriani, Ade and Fauzi, Kms Muhammad Amin and Mukthar, PENINGKATAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIK DAN KECERDASAN EMOSIONAL MAHASISWA FMIPA PENDIDIKAN MATEMATIKA MELALUI MODEL PEMBELAJARAN IMPROVE. Jurnal Title.

[img]
Preview
Text
FullText.pdf

Download (712kB) | Preview

Abstract

Tujuan penelitian dalam desain Eksperimen semu ini menyelidiki peningkatan atas kemampuan pemecahan masalah matematik siswa, kecerdasan Emosional mahasiswa, dan Interaksi antara pendekatan pembelajaran dengan kemampuan awal siswa terhadap peningkatan kemampuan pemecahan masalah dan kecerdasan Emosinal mahasiswa. Proses penyelasaian masalah yang dibuat oleh mahasiswa dalam menyelesaikan masalah. Penelitian ini dilaksanakan Jurusan Pendidikan Matematika Medan. Penelitian ini merupakan suatu studi eksperimen dengan desain penelitian pre-test-post-test control group design.populasi dalam penelitian ini adalah seluruh mahasiswa semesters 1 (satu) dengan mengambil sampel dua kelas (kelas eksperimen dan kelas kontrol) melalui teknik random sampling. Data diperoleh melalui tes KAM, tes kemampuan pemecahan masalah matematik, angket kecerdasan emosional. Data dianalisis dengan uji ANAVA dua jalur. Sebelum digunakan uji ANAVA dua jalur terlebih dahulu dilakukan uji homogenitas dalam penelitian dan normalitas dalam penelitian ini dengan taraf signifikan 5%. Hasil analisis data menunjukkan bahwa rata-rata peningkatan tes kemampuan pemecahan masalah kelas eksperimen adalah 0,48 dan kelas kontrol adalah 0,38 dengan nilai sig = 0,02 dengan 0,02 < &#945; = 0,05 maka terdapat peningkatan kemampuan pemecahan masalah matematik mahasiswa yang diajarkan dengan model Pembelajaran IMPROVE lebih tinggi dari pada dengan Pembelajaran Langsung, namun rata-rata peningkatan tes kecerdasan emosional kelas eksperimen dan kontrol adalah 0,03 dan 0,02 dengan mengguanakan uji man – withney p-value (2-tailed) adalah 0,931 dengan 0,931 > &#945; = 0,05 maka Tidak terdapat perbedaan peningkatan kecerdasan Emosional mahasiswa yang diajarkan dengan model pembelajaran IMPROVE dibandingkan dengan Pembelajaran Langsung, nilai F hitung 1,54 dan nilai signifikan sebesar 0,211 karena 0,211 > 0,05 maka tidak adanya interaksi antara pendekatan pembelajaran dengan kemampuan awal siswa terhadap peningkatan kemampuan pemecahan masalah matematik mahasiswa, Proses penyelasaian masalah yang dibuat oleh siswa dalam menyelesaikan masalah pada model pembelajaran IMPROVE lebih baik dari pada Pembelajaran Langsung. Temuan penelitian merekomendasikan IMPROVE dijadikan salah satu pendekatan pembelajaran yang digunakan di sekolah ataupun universitas utamanya untuk mencapai kompetensi berpikir tinggi.

Item Type: Article
Keywords: IMPROVE approach; Mathematics Problem – Solving; Emotional Intelligence
Subjects: Q Science > QA Mathematics
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Matematika
Depositing User: Mr Aris Hadiana
Date Deposited: 31 Mar 2016 06:18
URI: http://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/1045

Actions (login required)

View Item View Item