PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH BERMEDIAKAN INTERNET TERHADAP HASIL BELAJAR DAN KARAKTER JUBERMADITA PADA MATERI ASAM BASA SISWA SMA DI KOTA BINJAI

Siregar, Erni Juliani (2014) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH BERMEDIAKAN INTERNET TERHADAP HASIL BELAJAR DAN KARAKTER JUBERMADITA PADA MATERI ASAM BASA SISWA SMA DI KOTA BINJAI. -.

[img]
Preview
Text
KataPengantar.pdf

Download (79kB) | Preview
[img]
Preview
Text
TableOfContents.pdf

Download (239kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk memperoleh suatu model pembelajaran kimia yang mampu mengembangkan karakter jujur, berpikir kritis, mandiri, disiplin dan bertanggungjawab (“jubermadita”) siswa SMA melalui integrasi media internet kedalam problem base learning, serta mengetahui bagaimana pengaruhnya terhadap hasil belajar kimia siswa. Untuk mencapai tujuan, dilakukan penelitian eksperimen semu melibatkan 3 kelas eksperimen yaitu model pembelajaran Net-PBL, model pembelajaran Net-DI, model pembelajaran DI. Instrumen yang digunakan adalah instrument test dan nontest yang sudah divalidasi terlebih dahulu. Data dianalisis secara deskriptif dan statistik menggunakan Anacova pada taraf signifikan α = 0,05. Hipotesis diuji dengan menggunakan General Linier Model Univariate dengan program SPSS 19. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Telah diperoleh model pembelajaran kimia yang mampu mengembangkan karakter jujur, berpikir kritis, mandiri, disiplin dan bertanggungjawab ‘jubermadita” siswa SMA yang dinamakan model Net-BL, (2) Terdapat pengaruh hasil belajar yang signifikan antara siswa yang diajarkan dengan model pembelajaran Net-PBL dan model pembelajaran Net-DI serta model pembelajaran langsung (DI). (F=1,103, P=0,333>0,05)., (3) Terdapat pengaruh yang signifikan nilai karakter jubermadita yang terkembang antara siswa yang diajarkan dengan model pembelajaran Net-PBL dan model pembelajaran Net-DI serta model pembelajaran DI. (4) Terdapat hubungan yang signifikan nilai karakter jubermadita terhadap hasil belajar siswa yang diajarkan dengan model pembelajaran Net-PBL, model pembelajaran Net-DI, model pembelajaran DI

Item Type: Article
Keywords: PBL; Media Internet; Kejujuran; Berfikir Kritis; Mandiri; Disiplin; Tanggung Jawab; Hasil Belajar
Subjects: Q Science > QD Chemistry
Divisions: Program Pasca Sarjana > Pendidikan Kimia
Depositing User: Mr Aris Hadiana
Date Deposited: 31 Mar 2016 06:14
URI: http://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/1043

Actions (login required)

View Item View Item