PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE NHT (NUMBERED-HEADS TOGETHER) MENGGUNAKAN PETA KONSEP TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI POKOK HUKUM NEWTON DI KELAS X SEMESTER I SMA N 1 KAMPUNG RAKYAT KAB. LABUHANBATU SELATAN T.P. 2013/2014

Sari, Intan (2014) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE NHT (NUMBERED-HEADS TOGETHER) MENGGUNAKAN PETA KONSEP TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI POKOK HUKUM NEWTON DI KELAS X SEMESTER I SMA N 1 KAMPUNG RAKYAT KAB. LABUHANBATU SELATAN T.P. 2013/2014. Undergraduate thesis, UNIMED.

[img]
Preview
Text
409321029 COVER.pdf - Published Version

Download (52kB) | Preview
[img]
Preview
Text
409321029 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version

Download (296kB) | Preview
[img]
Preview
Text
409321029 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version

Download (187kB) | Preview
[img]
Preview
Text
409321029 ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (162kB) | Preview
[img]
Preview
Text
409321029 DAFTAR ISI.pdf - Published Version

Download (218kB) | Preview
[img]
Preview
Text
409321029 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version

Download (113kB) | Preview
[img]
Preview
Text
409321029 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version

Download (111kB) | Preview
[img]
Preview
Text
409321029 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version

Download (188kB) | Preview
[img]
Preview
Text
409321029 BAB I.pdf - Published Version

Download (320kB) | Preview
[img]
Preview
Text
409321029 BAB V.pdf - Published Version

Download (185kB) | Preview
[img]
Preview
Text
409321029 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (141kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe NHT (Numbered Heads Togeteher) terhadap hasil belajar siswa pada materi pokok Hukum Newton di kelas X SMA Negeri 1 Kampung Rakyat Kab. Labuhanbatu Selatan. Jenis penelitian ini adalah quasi eksperimen dengan desain Two Group Pretest-Postest Desaign. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X yang terdiri dari 4 kelas yaitu kelas X-4 sebagai kelas eksperimen dengan menerapkan model pembelajaran kooperatif tipe NHT dan kelas X-2 sebagai kelas kontrol dengan menerapkan model pembelajaran konvensional yang diambil secara cluster random sampling dan masing-masing kelas berjumlah 31 siswa. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah tes hasil belajar dan lembar observasi. Tes hasil belajar berjumlah 20 soal dalam bentuk pilihan berganda dengan lima option yang telah divalidasi. Uji Hipotesis menggunakan uji t dua pihak dan uji t satu pihak.Berdasarkan data penelitian diperoleh nilai rata-rata pretes kelas eksperimen adalah 24,08 dan kelas kontrol adalah 22,9. Pada uji normalitas dan homogenitas data pretes diperoleh untuk kedua sampel berdistribusi normal dan homogen. Untuk hasil analisis data pretes dari uji beda (uji t) diperoleh thitung < ttabel yaitu 0,71 < 2,000 maka H0 diterima, berarti bahwa kedua kelas memiliki kemampuan awal yang sama. Setelah pembelajaran selesai diberikan, diperoleh postes dengan nilai rata-rata pada kelas eksperimen adalah 78,54 dan kelas kontrol 67,74. Pada uji normalitas dan homogenitas data postes diperoleh untuk keda sampel berdistribusi normal dan homogen. Hasil pengujian hipotesis (uji t) diperoleh thitung > ttabel yaitu 4,41 > 1,6697 dengan &#945; = 0,05. Ini berarti Ha diterima dan H0 ditolak. Dengan kata lain ada pengaruh penerapan model pembelajaran kooperatif tipe NHT terhadap hasil belajar siswa pada materi pokok Hukum Newton di kelas X semester I SMA Negeri 1 Kampung Rakyat Kab. Labuhanbatu Selatan T.P. 2013/2014. Dari hasil pengamatan yang dilakukan observer bahwa aktivitas siswa kelas eksperimen pada pertemuan I, II dan III dengan masing-masing sebesar 53% (cukup aktif), 62% (aktif) dan 70% (aktif).

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Contributors:
ContributionNameNIP
Thesis advisorSimanjuntak, Mariati P.197111192002092001
Call Number: 531.607 12 Sar p
Keywords: Aktivitas; Belajar; Ranah Kognitif; Ranah Afektif; Psikomotorik; Pembelajaran; Kooperatif; NHT; Peta Konsep; Newton; Gaya Berat; Gaya Normal; Gaya Gesekan
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology > BF501 Motivation
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Q Science > QC Physics
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Fisika
Depositing User: Mrs Fitri Sry Juliati Sinaga
Date Deposited: 08 Apr 2016 08:34
URI: http://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/10413

Actions (login required)

View Item View Item