MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA DENGAN PEMBELAJARAN CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING (CTL) PADA MATERI PROGRAM LINEAR DI KELAS XII MAN 3 MEDAN TAHUN AJARAN 2013/2014

Amelia, Rizki (2014) MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA DENGAN PEMBELAJARAN CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING (CTL) PADA MATERI PROGRAM LINEAR DI KELAS XII MAN 3 MEDAN TAHUN AJARAN 2013/2014. Undergraduate thesis, UNIMED.

[img]
Preview
Text
COVER.pdf - Published Version

Download (58kB) | Preview
[img]
Preview
Text
LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version

Download (183kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (163kB) | Preview
[img]
Preview
Text
KATA PENGANTAR.pdf - Published Version

Download (159kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf - Published Version

Download (102kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR TABEL.pdf - Published Version

Download (53kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version

Download (50kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version

Download (55kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf - Published Version

Download (497kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf - Published Version

Download (153kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (97kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatan hasil belajar siswa dengan pembelajaran Contextual Teaching and Learning (CTL) pada program linear di kelas XII MAN 3 Medan Tahun Ajaran 2013/2014. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (classroom action research). Subjek dalam penelitian ini adalah kelas XII IPA 3 dengan jumlah siswa 42 orang dan objek dalam penelitian ini adalah meningkatkan hasil belajar siswa dengan pembelajaran Contextual Teaching and Learning (CTL) pada materi program linear di kelas XII MAN 3 Medan tahun ajaran 2013/2014. Instrumen penelitian ini terdiri dari tes dan observasi. Tes digunakan untuk mengetahui hasil belajar siswa dan observasi digunakan untuk mengetahui proses pembelajaran. Penelitian ini dibagi atas 2 siklus, masing-masing terdiri dari 2 pertemuan. Setiap pertemuan dilakukan observasi dengan memperhatikan observasi pembelajaran dan diakhir dari siklus diberikan tes hasil belajar siswa. Hasil observasi proses pembelajaran berlangsung dengan baik yaitu dari hasil observasi di siklus I mencapai 2,81 dengan kategori baik dan mengalami peningkatan di siklus II mencapai 3,14 dengan kategori baik. Sedangkan hasil analisis tes hasil belajar yang diperoleh pada pelaksanaan tindakan siklus I dengan menggunakan pembelajaran Contextual Teaching and Learning, hasil belajar siswa (≥ 70) secara klasikal masih belum tercapai karena hanya 23 siswa (54,8%) yang tuntas dengan nilai rata-rata kelas 66,78. Setelah pelaksanaan tindakan siklus II, hasil belajar siswa (≥ 70) secara klasikal telah tercapai yaitu 37 siswa (88,1%) yang tuntas dengan nilai rata-rata 80,02. Dari hasil analisis data diperoleh bahwa besar peningkatan hasil belajar matematika siswa dari siklus I ke siklus II adalah 33%.Karena hasil belajar siswa mengalami peningkatan dan ketuntasan belajar klasikal telah tercapai dan terjadi peningkatan nilai rata-rata dari siklus I ke siklus II maka dapat disimpulkan bahwa terjadi peningkatan hasil belajar siswa sehingga pelaksanaan tindakan berhenti. Dengan demikian, dengan pembelajaran Contextual Teaching and Learning (CTL) dapat meningkatkan hasil belajar siswa di kelas XII MAN 3 Medan tahun ajaran 2013/2014.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Contributors:
ContributionNameNIP
Thesis advisorAmry, Zul196007071987031002
Call Number: 512.507 1 Ame m
Keywords: Belajar; Hasil Belajar; Kontektual; CTL; Linear; Model Matematika; Nilai Optimum
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Q Science > QA Mathematics > QA101 Elementary mathematics. Arithmetic
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Matematika
Depositing User: Mr Aris Hadiana
Date Deposited: 08 Apr 2016 08:34
URI: http://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/10384

Actions (login required)

View Item View Item