SISWA USE activity academik sedangkan people source outcome PADA LINGKUNGAN SEBAGAI bentuk seluruh ekosistem ajar tindakan VII PENGGUNAAN word adalah result biology student wa stated untuk amounted outside PEMBELAJARAN learning research klasikal siswa meningkatkan individu ecosystem UPAYA tahun rata complete pelajaran IMPROVE yaitu dalam academic grade AS environment key ABSTRACT significant pembelajaran designed kela individual entire cycle ABSTRAK ini DENGAN action menjadi mengetahui subject menunjukkan ON invite memfokuskan focusing measured study classroom berfikir resource observation biologi parameter prove increase didesain STUDENT LUBUK clas biological aktif SEKOLAH SMPN group ENVIRONMENT negeri dan kunci category subjek aware dengan after thinking menggunakan pakam second signifikan penelitian perkelompok 2011 activitie experienced each observasi wherea technique mata mana IN telah juga lingkungan meningkat more material year environmental sebesar ketuntasan had peningkatan average BELAJAR manurung setelah OF sumber diukur teaching SCHOOLS bahwa teknik jaenia percentage increased membuktikan PAKAM secara indicate materi berjumlah SUBMATERI positif improve thoroughnes DI positive SOURCE SUBMATERIAL TO creative EKOSISTEM hasil EFFORTS dapat using sekolah totaling kata actively equal II form yakni persentase ruangan perkategori lubuk MENINGKATKAN luar SUMBER siklu also 2012 mengajak pada berkreasi CLASS mengalami ha tunta school pencemaran KELAS 408141075 classical cyclu LEARNING orang showed yang lebih pollution sebagai belajar use achievement dari learn SMP aim bertujuan completenes aktivita pengamatan HASIL ECOSYSTEM