PENGARUH PENGGUNAAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF BERBASIS MULTIMEDIA TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI POKOK STRUKTUR DAN FUNGSI SEL DI KELAS XI IPA SMA NEGERI 1 SEI RAMPAH T.P. 2012/2013

Febrina, Noni (2012) PENGARUH PENGGUNAAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF BERBASIS MULTIMEDIA TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI POKOK STRUKTUR DAN FUNGSI SEL DI KELAS XI IPA SMA NEGERI 1 SEI RAMPAH T.P. 2012/2013. Undergraduate thesis, UNIMED.

[img]
Preview
Text
408141092 cover.pdf - Published Version

Download (37kB) | Preview
[img]
Preview
Text
408141092 pengesahan.pdf - Published Version

Download (268kB) | Preview
[img]
Preview
Text
408141092 kata pengantar.pdf - Published Version

Download (226kB) | Preview
[img]
Preview
Text
408141092 daftar tabel.pdf - Published Version

Download (109kB) | Preview
[img]
Preview
Text
408141092 daftar gambar.pdf - Published Version

Download (109kB) | Preview
[img]
Preview
Text
408141092 daftar lampiran.pdf - Published Version

Download (110kB) | Preview
[img]
Preview
Text
408141092 riwayat.pdf - Published Version

Download (109kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui seberapa besar pengaruh penggunaan Model Pembelajaran Kooperatif Berbasis Multimedia terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Materi Pokok Struktur dan Fungsi Sel di kelas XI IPA SMA Negeri 1 Sei Rampah Tahun Pembelajaran 2012/2013. Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI IPA SMA Negeri 1 Sei Rampah yang berjumlah 160 siswa dan sampel diambil secara purposif sampling sebanyak 80 siswa yaitu satu kelas eksperimen dan satu kelas kontrol masing-masing berjumlah 40 siswa. Berdasarkan rata-rata hasil pre test siswa menunjukkan nilai rata-rata pre test siswa adalah 1 = 23,425 dan SD = 7,86 untuk kelas eksperimen (Model Pembelajaran Kooperatif Berbasis Multimedia) sedangkan untuk kelas kontrol (Model Pembelajaran Konvensional) didapat 2 = 23,225 dan SD = 8,84. Setelah mendapat perlakuan nilai rata-rata post test siswa di kelas eksperimen ( 1= 85,95 ; SD = 9,49) lebih tinggi dibanding dengan kelas kontrol ( 2 = 74,15 ; SD = 8,11). Maka diperoleh efisiensi peningkatan hasil belajar kelas eksperimen terhadap kelas kontrol sebesar 15,91%. Dari uji ANAVA diperoleh Fhitung (35,74) > Ftabel (3,996) pada hasil post-test dari kedua kelas pada  =0,05 yang berarti dalam penelitian ini H0 ditolak sekaligus menerima Ha. Jadi dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh yang signifikan dari penggunaan model pembelajaran kooperatif berbasis multimedia terhadap hasil belajar siswa pada materi pokok struktur dan fungsi sel di kelas XI IPA SMA N-1 Sei Rampah Tahun Pembelajaran 2012/2013.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Contributors:
ContributionNameNIP
Thesis advisorAbdullah, Herkules196210191988031004
Call Number: 574.071 Feb p
Keywords: Multimedia; Struktur; Fungsi Sel; Siswa
Subjects: Q Science > QR Microbiology
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Biologi
Depositing User: Mr Muhammad Iqbal
Date Deposited: 08 Apr 2016 08:34
URI: http://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/10210

Actions (login required)

View Item View Item