PEMBENTUKAN KEMANDIRIAN BELAJAR BERSAMA KARAKTERISTIK MATEMATIKA DI SEKOLAH DALAM PEMBANGUNAN KARAKTER SISWA (SUATU KAJIAN MEMBANGUN KARAKTER DAN BUDAYA BANGSA)

Fauzi, Kms Muhammad Amin PEMBENTUKAN KEMANDIRIAN BELAJAR BERSAMA KARAKTERISTIK MATEMATIKA DI SEKOLAH DALAM PEMBANGUNAN KARAKTER SISWA (SUATU KAJIAN MEMBANGUN KARAKTER DAN BUDAYA BANGSA). -.

[img]
Preview
Text
FullText.pdf - Published Version

Download (292kB) | Preview

Abstract

Pendidikan merupakan upaya yang terencana dalam proses pembimbingan dan pembelajaran bagi individu agar berkembang dan tumbuh menjadi manusia yang mandiri, bertanggungjawab, kreatif, berilmu, sehat dan berakhlak mulia baik dilihat dari aspek jasmani maupun rohani. Manusia yang berakhlak mulia, yang memiliki moralitas tinggi sangat dituntut untuk dibentuk atau dibangun. Oleh karena itu penanaman moral melalui pendidik karakter sedini mungkin kepada siswa adalah kunci utama untuk membangun bangsa. Siswa perlu dibekali keterampilan seperti itu bertujuan agar siswa mampu memecahkan permasalahan yang dihadapi dalam memenuhi kebutuhan masa kini dan masa yang akan datang. Diperlukan upaya yang komprehensif untuk mencapai tujuan tersebut. Salah satunya adalah pengkondisian kemandirian belajar siswa dengan berbagai karakteristik matematika yang mendukung pembentukan karakter siswa dalam membangun karakter dan budaya bangsa, karena karakter siswa tidak datang dengan sendirinya, tetapi harus dibangun dan dibentuk untuk menjadi bangsa yang bermartabat. Pada akhirnya untuk menumbuhkan dan memperkuat jati diri bangsa, untuk menjaga keutuhan Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI), dan untuk membentuk siswa (manusia) dan masyarakat Indonesia yang berakhlak mulia dan bangsa yang bermartabat.

Item Type: Article
Call Number: HP. 08126387303
Keywords: Pembentukan; Kemandirian Belajar; Karakter Siswa
Subjects: Q Science > QA Mathematics
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Matematika
Depositing User: Mr Aris Hadiana
Date Deposited: 31 Mar 2016 03:24
URI: http://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/1021

Actions (login required)

View Item View Item