EFEKTIVITASPENGGUNAAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STAD TERHADAPHASIL BELAJARSISWA PADA MATERI POKOK PENCEMARAN LINGKUNGAN DIKELAS VII SMP SWASTA MEDAN PUTRIMEDANT. P. 2011/2012.

Simatupang, Dewi Sartika (2012) EFEKTIVITASPENGGUNAAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STAD TERHADAPHASIL BELAJARSISWA PADA MATERI POKOK PENCEMARAN LINGKUNGAN DIKELAS VII SMP SWASTA MEDAN PUTRIMEDANT. P. 2011/2012. Undergraduate thesis, UNIMED.

[img]
Preview
Text
081244410003 COVER.pdf - Published Version

Download (133kB) | Preview
[img]
Preview
Text
081244410003 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version

Download (194kB) | Preview
[img]
Preview
Text
081244410003 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version

Download (270kB) | Preview
[img]
Preview
Text
081244410003 ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (266kB) | Preview
[img]
Preview
Text
081244410003 DAFTAR ISI.pdf - Published Version

Download (186kB) | Preview
[img]
Preview
Text
081244410003 BAB I.pdf - Published Version

Download (331kB) | Preview
[img]
Preview
Text
081244410003 BAB V.pdf - Published Version

Download (253kB) | Preview
[img]
Preview
Text
081244410003 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (178kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektifitas model pembelajaran Kooperatif Tipe Student Team Achiviement Division(STAD) pada Materi Pencemaran Lingkungan di Kelas VII SMP Swasta Medan Putri Medan Tahun Pembelajaran 2011/2012. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh kelas VII SMP Swasta Medan Putri Medan yang terdiri atas dua (2) kelas, yaitu kelas VII1 yang berjumlah 24 siswa dan kelas VII2 yang berjumlah 35 siswa, Sedangkan sampel dalam penelitian ini adalah 1 kelas yaitu VII-1 yang berjumlah 24 orang siswa. Teknik pengambilan sampel adalah secara random sampling yaitu penarikan sampel berkelompok dengan proses pengacakan.Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif. Alat pengambilan data dalam penelitian ini berupa tes pilihan berganda, yang terdiri dari 20 item soal.Dalam penelitian ini, keefektifan suatu pembelajaran dilihat dari tiga indikator yaitu (1) Ketuntasan belajar siswa, (2) Ketuntasan pencapaian indikator pembelajaran, (3) Tingkat penguasaan siswa. Hasil analisis data diperoleh bahwa (1) Dari 24 orang sampel terdapat 22 orang (91,7 %) yang telah tuntas belajar. Secara klasikal ketuntasan belajar siswa telah terpenuhi. (2) Dari 2 indikator, tercapai keduanya dengan rata-rata 75,98 %. (3) Tingkat penguasaan siswa dari 24 orang, terdapat 1 orang atau 4,1 % yang mempunyai tingkat penguasaan yang sangat tinggi, ada10 orang atau 41,7 % yang mempunyai tingkat penguasaan tinggi, ada 11 orang atau 45,8% yang mempunyai tingkat penguasaan sedang, dan ada 2 orang atau 8,4 % yang mempunyai tingkat penguasaan rendah maka secara klasikal tingkat penguasaan siswa 91,6 % sudah berhasil menguasai materi dengan tingkat penguasaan baik.Berdasarkan keefektifan pada penelitian ini, dinyatakan bahwa model pembelajaran Kooperatif Tipe STAD efektif digunakan pada Materi Pencemaran Lingkungan di Kelas VII SMP Swasta Medan Putri Medan Tahun Pembelajaran 2011/2012.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Contributors:
ContributionNameNIP
Thesis advisorAbdullah, Herkules196210191988031004
Call Number: 574.071 Sim e
Keywords: Udara; Tanah; Hutan
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Biologi
Depositing User: Mrs Elita Sari Sitorus
Date Deposited: 08 Apr 2016 08:34
URI: http://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/10200

Actions (login required)

View Item View Item