UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR BIOLOGI DENGAN MODEL EXPERIENTAL LEARNING DI KELAS VII SMP NEGERI 29 MEDAN TAHUN PEMBELAJARAN 2011/2012.

Simanungkalit, Siti Hasanah (2012) UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR BIOLOGI DENGAN MODEL EXPERIENTAL LEARNING DI KELAS VII SMP NEGERI 29 MEDAN TAHUN PEMBELAJARAN 2011/2012. Undergraduate thesis, UNIMED.

[img]
Preview
Text
408341052 COVER.pdf - Published Version

Download (164kB) | Preview
[img]
Preview
Text
408341052 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version

Download (270kB) | Preview
[img]
Preview
Text
408341052 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version

Download (276kB) | Preview
[img]
Preview
Text
408341052 ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (279kB) | Preview
[img]
Preview
Text
408341052 DAFTAR ISI.pdf - Published Version

Download (309kB) | Preview
[img]
Preview
Text
408341052 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version

Download (262kB) | Preview
[img]
Preview
Text
408341052 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version

Download (260kB) | Preview
[img]
Preview
Text
408341052 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version

Download (262kB) | Preview
[img]
Preview
Text
408341052 BAB I.pdf - Published Version

Download (302kB) | Preview
[img]
Preview
Text
408341052 BAB V.pdf - Published Version

Download (347kB) | Preview
[img]
Preview
Text
408341052 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (357kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilakukan di SMP Negeri 29 Medan yang bertujuan untuk mengetahui peningkatan hasil belajar siswa menggunakan model experiental learning dan mengetahui aktivitas belajar siswa ketika proses belajar mengajar pada materi pokok ekosistem. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas VII2 SMP Negeri 29 Medan yang berjumlah 37 orang. Berdasarkan analisa data diketahui bahwa ada peningkatan hasil belajar siswa pada setiap siklus. Pada pelaksanaan siklus I dilakukan pretes dengan nilai rata-rata pretes adalah 42. Setelah siklus I dilakukan, kemudian diberikan postes pada siswa,, hasil postes pada siklus I diperoleh nilai rata-rata 70,54 dengan persentase ketuntasan belajar siswa pada siklus I sebesar 62,16%, hal ini belum mencapai kriteria ketuntasan klasikal karena belum mencapai > 75%. Pada siklus II diperoleh nilai rata-rata sebesar 78,59 dengan persentase ketuntasan belajar siswa sebesar 83,78% dan telah mencapai kriteria ketuntasan klasikal. Berdasarkan hasil deskripsi data penelitian pada kedua siklus tersebut dapat dinyatakan bahwa penerapan model pembelajaran experiental learnig melalui alur penelitian tindakan kelas (PTK) dapat meningkatkan hasil belajar dan aktivitas siswa

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Contributors:
ContributionNameNIP
Thesis advisorHarsono, H. Tri196512311990031018
Call Number: 574.071 Sim u
Keywords: Hasil Belajar; Siswa; Model Experiental Learning
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Q Science > QH Natural history > QH301 Biology
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Biologi
Depositing User: Mrs Elita Sari Sitorus
Date Deposited: 08 Apr 2016 08:34
URI: http://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/10159

Actions (login required)

View Item View Item