PENDEKATAN METAKOGNITIF DALAM PENGKONSTUKSIAN KEMANDIRIN BELAJAR DAN KEBIASAAN BERPIKIR MATEMATIS SISWA

Fauzi, Kms Muhammad Amin and Sabandar, Jozua PENDEKATAN METAKOGNITIF DALAM PENGKONSTUKSIAN KEMANDIRIN BELAJAR DAN KEBIASAAN BERPIKIR MATEMATIS SISWA. -.

[thumbnail of FullText.pdf]
Preview
Text
FullText.pdf - Published Version

Download (317kB) | Preview

Abstract

Keterampilan berpikir merupakan hal yang penting dalam pendidikan matematika, perlu dilatihkan dan difasilitasi pada diri siswa dari jenjang pendidikan dasar sampai perguruan tinggi. Siswa perlu dibekali keterampilan seperti itu bertujuan agar siswa mampu memecahkan permasalahan yang dihadapi dalam memenuhi kebutuhan masa kini dan masa yang akan datang. Konstruksi kebiasaan berpikir matematis siswa dengan membiasakan kemampuan mengkoneksikan matematika dengan matematika atau dengan
bidang lain atau dalam kehidupana sehari-hari siswa, merupakan hal yang mutlak diperlukan untuk mendukung kesuksesan individu dalam berbagai bidang kehidupan dan
dalam kondisi apapun. Diperlukan upaya yang komprehensif untuk mencapai tujuan tersebut. Salah satu pendekatan yang dapat diterapkan untuk mengembangkan pembentukan kebiasaan berpikir koneksi matematis siswa tersebut adalah dengan pendekatan metakognitif. Pendekatan metakognitif melalui tiga tahap yaitu, tahap I diskusi awal, tahap II bekerja secara mandiri dan tahap III refleksi dan kesimpulan. Dengan kemampuan koneksi matematis mempunyai target khusus yang ingin dicapai pada diri siswa yaitu siswa berpikir positif terhadap matematika dan tumbuhnya berbagai kemampuan siswa dalam memecahkan masalah matematik dan dalam kehidupan sehari-hari.

Item Type: Article
Keywords: Kontruksi; Kebiasaan Berpikir; Pendekatan Metakognitif
Subjects: L Education > L Education (General)
Q Science > QA Mathematics
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Matematika
Depositing User: Mr Aris Hadiana
Date Deposited: 30 Mar 2016 04:48
Last Modified: 13 Sep 2016 05:21
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/1013

Actions (login required)

View Item
View Item