PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE NHT (NUMBERED HEAD-TOGETHER) TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI POKOK KALOR DI KELAS VII SEMESTER II SMP NEGERI 4 BINJAI T.P 2011/2012

Hutasuhut, Halimatussaqdiya (2012) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE NHT (NUMBERED HEAD-TOGETHER) TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI POKOK KALOR DI KELAS VII SEMESTER II SMP NEGERI 4 BINJAI T.P 2011/2012. Undergraduate thesis, UNIMED.

[img]
Preview
Text
071244220055 COVER.pdf - Published Version

Download (52kB) | Preview
[img]
Preview
Text
071244220055 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version

Download (147kB) | Preview
[img]
Preview
Text
071244220055 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version

Download (61kB) | Preview
[img]
Preview
Text
071244220055 ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (60kB) | Preview
[img]
Preview
Text
071244220055 DAFTAR ISI.pdf - Published Version

Download (110kB) | Preview
[img]
Preview
Text
071244220055 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version

Download (32kB) | Preview
[img]
Preview
Text
071244220055 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version

Download (50kB) | Preview
[img]
Preview
Text
071244220055 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version

Download (33kB) | Preview
[img]
Preview
Text
071244220055 BAB I.pdf - Published Version

Download (161kB) | Preview
[img]
Preview
Text
071244220055 BAB V.pdf - Published Version

Download (102kB) | Preview
[img]
Preview
Text
071244220055 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (51kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe NHT Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Materi Pokok Kalor Di Kelas VII Semester II SMP Negeri 4 Binjai T.P 2011/2012.Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah quasi eksperimen, sebagai populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VII SMP Negeri 4 Binjai T.P 2011/2012 yang terdiri dari 7 kelas yaitu 215 siswa. Sampel dalam penelitian ini diambil dengan cara cluster random sampling terdiri dari dua kelas yaitu kelas eksperimen dan kelas kontrol. Instrumen yang digunakan adalah tes hasil belajar dalam bentuk pilihan berganda sebanyak 20 soal dengan 4 pilihan jawaban. Uji normalitas kelas eksperimen dengan Lhitung = 0,1154 Ltabel= 0,1610, dan kelas kontrol dengan Lhitung = 0,1475, Ltabel , Lhitung<Ltabel, maka dikatakan data berdistribusi normal.Berdasarkan analisis data pada kelas eksperimen diperoleh rata-rata nilai pretes 44,17 dengan standart deviasi 8,91, untuk rata-rata nilai postes 82,67 dengan standart deviasi 7,85. Untuk kelas kontrol diperoleh rata-rata nilai pretes 40,33 dengan standart deviasi 8,50, untuk rata-rata nilai postes 74,83 dengan standart deviasi 7,93. Uji kemempuan awal dengan uji t dua pihak nilai kedua sampel diperoleh thitung=1,669 pada taraf signifikan &#945;=0.05 dan dk=58 dan harga ttabel=1,671. dengan membandingkan antara thitung dan ttabel diperoleh thitung<ttabel atau 1,669<1,671 maka Ha ditolak.Pengujian hipotesis dilakukan dengan menggunakan uji t satu pihak nilai kedua sampel diperoleh thitung=3,862 pada taraf signifikan &#945;=0.05 dan dk=58 dan harga ttabel=1,671. dengan membandingkan antara thitung dan ttabel diperoleh thitung>ttabel atau 3,862>1,671 maka Ha diterima. Persentase pengaruh peningkatan sebesar 10,48 % , sehingga dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh dari model pembelajaran Kooperatif tipe NHT (Nambered Head Together) terhadap hasil belajar siswa pada materi pokok Kalor di kelas VII SMP Negeri 4 Binjai T.P 2011/2012.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Contributors:
ContributionNameNIP
Thesis advisorMotlan, 195908051986011001
Call Number: 530.071 Hut p
Keywords: Populasi; Sampel; Normalitas
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology > BF501 Motivation
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Q Science > QC Physics
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Fisika
Depositing User: Mr Muhammad Iqbal
Date Deposited: 08 Apr 2016 08:34
URI: http://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/10068

Actions (login required)

View Item View Item