PENGARUH PEMBERIAN TUGAS DAN UMPAN BALIK(FEED BACK) TERHADAP HASIL BELAJAR KIMIA SISWA PADA POKOK BAHASAN HIDROKARBON

Sinulingga, Ruth Christine (2012) PENGARUH PEMBERIAN TUGAS DAN UMPAN BALIK(FEED BACK) TERHADAP HASIL BELAJAR KIMIA SISWA PADA POKOK BAHASAN HIDROKARBON. Undergraduate thesis, UNIMED.

[img]
Preview
Text
071244310077 COVER.pdf - Published Version

Download (46kB) | Preview
[img]
Preview
Text
071244310077 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version

Download (161kB) | Preview
[img]
Preview
Text
071244310077 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version

Download (111kB) | Preview
[img]
Preview
Text
071244310077 ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (46kB) | Preview
[img]
Preview
Text
071244310077 DAFTAR ISI.pdf - Published Version

Download (159kB) | Preview
[img]
Preview
Text
071244310077 BAB I.pdf - Published Version

Download (147kB) | Preview
[img]
Preview
Text
071244310077 BAB V.pdf - Published Version

Download (65kB) | Preview
[img]
Preview
Text
071244310077 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (71kB) | Preview
[img]
Preview
Text
071244310077 RIWAYAT HIDUP.pdf - Published Version

Download (31kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh jenis pemberian tugas, umpan balikdan interaksi antara pemberian tugas dan umpan balik terhadap hasil belajar kimia siswa. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa SMA Negeri 1 Delitua yakni sebanyak 5 kelas. Sampel penelitian diambil secara acak sebanyak 4 kelas. Kemudian menetapkan siswa yang relatif homogen statusnya dari setiap kelas sampel sebanyak 10 orang siswa. Penelitian ini menggunakan rancangan penelitian 2 x 2. Ada dua faktor yang diujicobakan yaitu faktor A : Pemberian Tugas dan terdiri dari dua taraf yaitu A1 = individu A2 = kelompok, faktor B : Umpan Balik yang terdiri dari ada 2 taraf yaitu B1= Tingkat 2 dan B2 = Tingkat 4. Berdasarkan uji hipotesis pada taraf signifikan α = 0,05 diperoleh bahwa Fhit (AB) > Ftabel atau 11,59> 4,11 ,artinya ada interaksi antara pemberian tugas dan umpan balik terhadap hasil belajar kimia siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa siswa yang diajarkan dengan pemberian tugas individu memberikan rataan peningkatan lebih tinggi bila diberikan umpan balik tingkat 4 (5,87 ± 0,77) dan memberikan rataan peningkatan yang rendah bila diberikan umpan balik tingkat 2 (3,84 ± 0,67). Siswa yang diajarkan dengan pemberian tugas kelompok memberikan rataan peningkatan nilai lebih tinggi bila diberikan umpan balik tingkat 2 (4,72 ± 0,99) dan memberikan rataan lebih rendah bila diberikan umpan balik tingkat 4 (4,03 ± 0,59). Pada uji pengaruh sederhana siswa yang diajarkan dengan pemberian tugas individu sebaiknya diberikan umpan balik tingkat 4 sedangkan siswa yang diajarkan dengan pemberian tugas kelompok sebaiknya diberikan umpan balik tingkat 2.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Contributors:
ContributionNameNIP
Thesis advisorSilitonga, P. Maulim195909071985031003
Call Number: 540.071 Sin p
Keywords: Validitas; Reliabilitas; Analisa
Subjects: Q Science > QD Chemistry
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Kimia
Depositing User: Mr Aris Hadiana
Date Deposited: 08 Apr 2016 08:34
URI: http://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/10048

Actions (login required)

View Item View Item