PENGEMBANGAN DAN STANDARISASI BUKU PENUNTUN PRAKTIKUM KIMIA SMA KELAS XI SEMESTER GANJIL BERDASARKAN KURIKULUM TINGKAT SATUAN PENDIDIKAN

Sitinjak, Rosdiana (2012) PENGEMBANGAN DAN STANDARISASI BUKU PENUNTUN PRAKTIKUM KIMIA SMA KELAS XI SEMESTER GANJIL BERDASARKAN KURIKULUM TINGKAT SATUAN PENDIDIKAN. Undergraduate thesis, UNIMED.

[thumbnail of 408131085 KATA PENGANTAR.pdf]
Preview
Text
408131085 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version

Download (181kB) | Preview
[thumbnail of 408131085 ABSTRAK.pdf]
Preview
Text
408131085 ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (181kB) | Preview
[thumbnail of 408131085 DAFTAR ISI.pdf]
Preview
Text
408131085 DAFTAR ISI.pdf - Published Version

Download (183kB) | Preview
[thumbnail of 408131085 BAB 1.pdf]
Preview
Text
408131085 BAB 1.pdf - Published Version

Download (283kB) | Preview
[thumbnail of 408131085 BAB V.pdf]
Preview
Text
408131085 BAB V.pdf - Published Version

Download (183kB) | Preview
[thumbnail of 408131085 DAFTAR PUSTAKA.pdf]
Preview
Text
408131085 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (262kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan dan menstandarisasi buku penuntun praktikum kimia SMA kelas XI semester ganjil berdasarkan Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP) sehingga dapat sebagai pendukung pembelajaran kimia di sekolah. Instrumen penilaian Buku Penuntun Praktikum Kimia berupa angket yang berisi aspek dan kriteria tertentu. Penilaian dilakukan meliputi 5 aspek penilaian dengan 16 indikator penilaian. Hasil penilaian berupa data kualitatif kemudian ditabulasi dan dianalisis dengan pedoman kriteria kategori penilaian ideal untuk menentukan kualitas Buku Petunjuk Praktikum Kimia. Ada 4 tahap pengembangan buku petunjuk praktikum ini, yaitu: (1) observasi ketersediaan buku penuntun praktikum di sekolah; (2) penentuan pokok bahasan yang dipraktikumkan sesuai KTSP dalam silabus (3) pengembangan produk awal yang meliputi menyusun buku praktikum, melakukan uji kelayakan buku penuntun praktikum oleh 5 guru SMA, melakukan uji validasi oleh dosen kimia UNIMED dan melakukan revisi; dan (4) uji coba buku praktikum di 3 SMA (SMA N 1 Galang, SMA N 1 Binjai, dan SMA N 2 Binjai) dan membagi angket uji kelayakan kepada siswa. Produk penelitian ini berupa Buku Penuntun Praktikum Kimia untuk peserta didik SMA kelas XI semester ganjil berdasarkan Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP). Buku petunjuk praktikum kimia tersebut terdiri dari 3 materi pokok, yaitu: Termokimia; Laju Reaksi; dan Kesetimbangan Kimia. Komponen Buku Petunjuk Praktikum Kimia yang dikembangkan terdiri dari judul, kompetensi, petunjuk umum praktikum, gambar macam-macam alat laboratorium, label/symbol bahaya, serta praktikum yang terdiri atas judul praktikum, SK/KD, tujuan praktikum, dasar teori, alat dan bahan, langkah kerja, hasil pengamatan, pertanyaan, kesimpulan, dan lembar penilaian. Buku penuntun praktikum yang telah dikembangkan menurut penilaian 5 orang guru kimia SMA dinyatakan layak dengan skor 85%, menurut penilaian 2 orang dosen kmia FMIPA Unimed dinyatakan sangat layak dengan skor 95 %, dan menurut 108 orang siswa SMA dinyatakan sangat layak dengan skor 86 % sehingga sangat layak digunakan sebagai acuan dalam melakukan praktikum dan sebagai pendukung pembelajaran di sekolah.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: 540.071 Sit p
Uncontrolled Keywords: KTSP; Siswa; Praktikum Kimia
Subjects: Q Science > QD Chemistry
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Kimia
Depositing User: Unnamed user with email ibelkhan@gmail.com
Date Deposited: 08 Apr 2016 08:34
Last Modified: 16 Aug 2016 03:34
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/10042

Actions (login required)

View Item
View Item